LOLITA CINDLE MUKTI HERDA SARI, . (2023) ANALISIS HASIL KARYA GAMBAR DIGITAL SISWA DENGAN IBIS PAINT X DI KELAS X SMA NEGERI 2 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover - Daftar Lampiran.pdf Download (527kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (173kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (919kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (232kB) |
|
Text
Lampiran - Biodata.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Lolita Cinde Mukti Herda Sari. Analisis Hasil Karya Gambar Digital Siswa dengan Ibis Paint X di Kelas X SMA Negeri 2 Bekasi. Skripsi. Jakarta: Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta, Agustus. 2023. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Bekasi, pada semester II yang bertujuan untuk menganalisis dan meningkatkan kreativitas serta keterampilan siswa dalam membuat gambar digital dengan bantuan aplikasi Ibis Paint X melalui pendekatan Project Based Learning dan metode demonstrasi yang berjumlah 15 siswa. Teknik dalam menentukan responden dilakukan dengan memenuhi kriteria siswa kelas X SMA yang memiliki minat dan handphone pribadi masing-masing. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metodologi dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian kualitatif adalah hasil karya menggambar digital siswa kelas X. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan konsep dari Miles dan Hubermen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dengan menerapkan pendekatan Project Based Learning dan metode demonstrasi menggunakan materi PowerPoint dilengkapi dengan video tutorial menjadikan kreativitas dan keterampilan berkarya gambar digital dengan Ibis Paint X siswa mengalami perkembangan. Hal ini terlihat dari nilai kreativitas karya tahap 1 dengan nilai 83,56 menjadi 90,15 pada tahap karya 2. Kemudian dalam nilai keterampilan pada karya tahap 1 84,75 mengalami kenaikan menjadi 90,56 pada karya tahap 2. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Project Based Learning dan metode demonstrasi dapat meningkatkan dan mengembangkan kreativitas serta keterampilan siswa dalam membuat karya gambar digital dengan Ibis Paint X di kelas X SMA Negeri 2 Bekasi. Kata kunci: Kreativitas Siswa, Gambar Digital, Project Based Learning, Metode Demonstrasi ***** ABSTRACT Lolita Cinde Mukti Herda Sari. Analysis of Student's Digital Drawing Works with Ibis Paint X in Class X SMA Negeri 2 Bekasi. Thesis. Jakarta: Faculty of Languages and Arts. Jakarta State University, August. 2023. This research was conducted at SMAN 2 Bekasi, in the 2nd term which aims to analyze and improve students' creativity and skills in creating digital drawings with the use of Ibis Paint X application through the Project Based Learning approach and demonstration method with a total of 15 students. The technique in determining respondents was carried out by the qualifications of high school class X students having interest and have own personal handphone. This research was conducted using a methodology with a qualitative approach. This type of research is descriptive qualitative. The data in qualitative research is the work of digital drawing of grade X students. The methods used in data collection are interviews, observations, questionnaires, and documentation. The data analysis technique uses the concept of Miles and Hubermen, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Based on the results of the study by applying the Project Based Learning approach and demonstration method using PowerPoint material equipped with video tutorials, the creativity and skills of creating digital images with Ibis Paint X students have developed. This can be seen from the creativity value of work step 1 with a score of 83.56 to 90.15 in work step 2. Then in the skill value in work step 1 84.75 increased to 90.56 in work step 2. From the data analysis, it can be concluded that using the Project Based Learning approach and demonstration method can improve and develop students' creativity and skills in creating digital drawing works with Ibis Paint X in class X SMA Negeri 2 Bekasi. Keywords: Student Creativity, Digital Drawing, Project Based Learning, Demonstration Method
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1.) Eko Hadi Prayitno, M.Pd. ; 2.) Dra. Mudjiati, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Kesenian > Seni Menggambar |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Users 20795 not found. |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 00:45 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 00:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43016 |
Actions (login required)
View Item |