MODEL GERAK DASAR LOKOMOTOR DENGAN KESEIMBANGAN UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR KELAS 1

BONGGO PRIBADI, BONGGO (2023) MODEL GERAK DASAR LOKOMOTOR DENGAN KESEIMBANGAN UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR KELAS 1. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dalam proses pelaksanaan pembelajaran gerak dasar lokomotor dengan keseimbangan, menciptakan dan mempraktikkan proses pembelajaran dengan model gerak dasar lokomotor dengan keseimbangan bagi anak Sekolah Dasar kelas I mendapatkan data empiris tentang efektivitas dan efesiensi serta ketertarikan anak dari proses pembelajaran gerak dasar lokomotor dengan keseimbangan bagi anak Sekolah Dasar kelas I dan menciptakan buku model pembelajaran untuk guru sebagai pedoman pengajaran gerak dasar lokomotor dengan keseimbangan anak sekolah dasar. Hal ini akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi sekaligus meningkatkan motivasi anak untuk belajar gerak dasar lokomotor dengan keseimbangan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Semanan 14 Petang Jakarta Barat, dengan 32 anak sebagai objek penelitiannya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan pembelajaran ADDIE, dimana dalam model ini dimulai pada tahapan Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Dari hasil yang didapatkan, model pembelajaran gerak dasar lokomotor dengan keseimbangan ini ternyata sangat efektif untuk diterapkan di pembelajaran Dari hasil yang diperoleh, model pembelajaran gerak dasar lokomotor dengan keseimbangan ini ternyata sangat efektif jika diterapkan dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan pre-test dan post-test dengan menggunakan uji sampel berpasangan pada SPSS 25.0 T-Test. Perbedaan signifikansi pada T-hitung ditunjukkan sebagai -98.097 df = 31, p-value = 0.001 < 0.05 ; Dengan hal tersebut, terlihat adanya peningkatan yang signifikan pada hasil penilaian keterampilan anak di SDN Semanan 14 Petang Kelas I. Kata Kunci: Model Belajar, Gerak Dasar Lokomotor Dengan Keseimbangan, Anak Sekolah Dasar Kelas 1.   The purpose of this study was to obtain information in the process of implementing basic locomotor movement learning with balance, creating and transmitting the learning process with basic locomotor movement models with balance for elementary school children in grade I to obtain empirical data about the effectiveness and efficiency and interest of children from the motion learning process. basic locomotor with balance for elementary school children in class I and created a learning model book for teachers as a guide for teaching basic locomotor movements with balance for elementary school children. This will increase effectiveness and efficiency as well as increase children's motivation to learn basic locomotor movements with balance. This research was conducted at SDN Semanan 14 Petang, West Jakarta, with 32 children as research objects. This study uses the ADDIE learning development model, which in this model starts at the stages of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. From the results obtained, the basic locomotor motion learning model with this balance turned out to be very effective to be applied in learning. From the results obtained, the basic locomotor motion learning model with this balance turned out to be very effective when applied in learning. This can be seen from the increase in pre-test and post-test by using the paired sample test on the SPSS 25.0 T-Test. The difference in significance on T-count is shown as -98.097 df = 31, p-value = 0.001 <0.05 ; With this, there appears to be a significant increase in the results of the assessment of children's skills at SDN Semanan 14 Petang Class I. Keywords: Learning Model, Basic Locomotor Movement With Balance, Grade 1 Elementary School Students.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Mansur Jauhari, M.Si. 2). Dr. Yasep Setiakarnawijaya, SKM., M.Kes.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olah Raga Dalam Ruangan
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 20677 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:41
Last Modified: 09 Oct 2023 04:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43098

Actions (login required)

View Item View Item