Pengembangan model pembelajaran inquiry-based flipped classroom berbantuan modul digital pada mata kuliah geometri dan pengukuran

DESSY NOOR ARIANI, . (2023) Pengembangan model pembelajaran inquiry-based flipped classroom berbantuan modul digital pada mata kuliah geometri dan pengukuran. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf - Cover Image

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak -Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah melalui pengembangan model pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penelitian pengembangan ini menerapkan Model Dick and Carey sebagai panduan untuk mengembangkan model pembelajaran inquiry-based flipped classroom berbantuan modul digital. Modul tersebut kemudian dievaluasi validitas, kepraktisan, dan keefektifannya dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Para ahli menilai kevalidan modul digital berbasis inquiry-based flipped classroom sangat baik, dengan nilai rata-rata 4,5 dari ahli materi, 4,75 dari ahli pembelajaran, 4,91 dari ahli bahasa, 4,7 dari ahli media, dan 4,72 dari semua validator ahli. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa model pembelajaran ini efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa. Secara spesifik, nilai rata-rata n-gain sebesar 0,70 menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan mahasiswa termasuk dalam kategori tinggi, dan nilai Cohen's d sebesar 0,5 menunjukkan bahwa tingkat pengaruh model pembelajaran ini termasuk dalam kategori sedang. Selain itu, mahasiswa juga memberikan umpan balik yang sangat baik terhadap kepraktisan model ini, dengan nilai rata-rata 4,29 untuk aspek kegunaan, 4,14 untuk aspek kemudahan, dan 4,27 untuk aspek kepuasan. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inquiry-based flipped classroom berbantuan modul digital sangat direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran geometri dan pengukuran. Model ini dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan mahasiswa dalam pemecahan masalah matematika. Abstract -The purpose of this study is to enhance the mathematical problem-solving skills of Madrasah Ibtidaiah Teacher Education students through the development of an engaging and interactive learning model. This research and development applies the Dick and Carey Model as a guide to developing an inquiry-based flipped classroom learning model assisted by a digital module. The module was then evaluated for its validity, practicality, and effectiveness in improving the mathematics problem-solving skills of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education students. The experts rated the validity of the digital module that was developed based on an inquiry-based flipped classroom as excellent, with an average rating of 4.5 from material experts, 4.75 from learning experts, 4.91 from linguists, 4.7 from media experts, and 4.72 from all expert validators. The results of the field trial show that this learning model is effective in enhancing students' mathematical problem-solving skills. Specifically, the average n-gain value of 0.70 indicated that student skill improvement is in the high category, and Cohen's d value of 0.5 indicated that the level of influence of this model is in the medium category. Moreover, students provided very good feedback on the practicality of this model, with an average score of 4.29 for the usefulness aspect, 4.14 for the convenience aspect, and 4.27 for the satisfaction aspect. These results suggest that it is highly recommended to use the inquiry-based flipped classroom model supported by digital modules for geometry and measurement courses. This model can be an effective alternative to improving students' learning outcomes and skills in problem-solving in mathematics.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd. 2). Dr. Firmanul Catur Wibowo, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 20831 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2023 01:46
Last Modified: 11 Oct 2023 01:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43114

Actions (login required)

View Item View Item