PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI ELEKTRONIKA DASAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG

LARASATI RIZKY PUTRI, . (2020) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI ELEKTRONIKA DASAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul praktikum berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan materi fisika elektronika dasar. Metodologi yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development), dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang ditujukan untuk validator ahli materi, media dan ahli pembelajar. Hasil validitas media yang dikembangkan dihitung dengan menggunakan rumus prosentase skor dan diinterpretasikan sesuai dengan interpretasi skala likert. Modul praktikum yang dikembangkan dengan menggunakan tahapan-tahapan seperti pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hal ini untuk memudahkan siswa untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan pada kegiatan praktikum yang berkaitan dengan konsep fisika. Setelah dilakukan validasi pada media pembelajaran didapatkan hasil skor rata-rata keseluruhan aspek oleh ahli materi sebesar 88.13 %, oleh ahli media sebesar 87.22%, dan skor rata-rata keseluruhan aspek oleh ahli pembelajaran sebesar 82.07 %. Berdasarkan penilaian oleh ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran tersebut dapat menunjukkan bahwa media pembelajaran ini ditinjau dari beberapa indikator yang digunakan untuk validasi memiliki kriteria sangat baik. Kemudian setelah diujicobakan kepada mahasiswa diperoleh hasil skor rata-rata keseluruhan aspek sebesar 88.54 %, sehingga dapat dikatakan bahwa modul praktikum ini ditinjau dari indikator yang yang digunakan untuk uji coba memiliki kriteria sangat baik dan layak digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran. Berdasarkan penghitungan uji n-gain pun diperoleh hasil 0.5 dengan kategori sedang. ******** This study aims to develop module practice based on Problem Based Learning (PBL) for students of class semester 1 (UMT) that tested the feasibility and superiority so it is expected to improve student’s science process skill. This research used is research and development (R & D), the ADDIE development model consists of analyse needs of materials and teaching materials, development of teaching material, design, development, implement and evaluate. Module practice is developed with five stages according to Problem Based Learning model (PBL) that is problem, learning task, investigation, result development,analysis and evaluation. Overall the development of encyclopaedia based on scientific approach can enhance learning outcomes of students in University. The developed module practice then validated the result of the average score of the overall aspect by the material expert by 88.13%, by the media expert of 87.22%, and the average score of the whole aspect by the learning expert by 82.07%. Based on the assessment by the material expert, the media expert and the learner may show that this resource is reviewed from several indicators used for validation to have very good criteria. Then after the tested to the students obtained the results of the average score of the overall aspect of 88.54%, and measured the impact on the skills of the students process. So as a whole the development of module practice based Problem Based Learning (PBL) can improve science process skills in high school with an enormous effective benefit to the experimental group by 0,5 %.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. I Made Astra, M.Si. ; 2). Drs. Cecep E. Rustana, Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 20894 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:08
Last Modified: 01 Nov 2023 02:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43152

Actions (login required)

View Item View Item