PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL BERBASIS GAME VISUAL NOVEL UNTUK STIMULASI PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI (Penelitian dan Pengembangan pada Anak Usia Dini di Jawa Barat)

DADAN NUGRAHA, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL BERBASIS GAME VISUAL NOVEL UNTUK STIMULASI PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI (Penelitian dan Pengembangan pada Anak Usia Dini di Jawa Barat). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (898kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (586kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFUS NEW.pdf

Download (552kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN NEW 2_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan media digital berbasis game visual novel merupakan upaya penciptaan solusi terkait kebutuhan media berbasis digital untuk stimulasi perilaku prososial pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini di Jawa Barat. Faktanya penggunaan media digital oleh lembaga PAUD yaitu 69% menggunakan media non digital dan 31% menggunakan media digital, 71,8% media digital yang diperlukan yaitu untuk aspek perkembangan sosio-emosional dan 67,4% jenis media digital yang diperlukan yaitu game interaktif, sedangkan media digital berbasis game visual novel untuk jenjang anak usia dini masih sangat terbatas. Melalui proses penelitian dan pengembangan yang dilakukan, hasil penelitian ini tercipta aplikasi android berjudul Prososial Visual Novel (PROS-VN) yang layak diterapkan sebagai media pendidikan untuk anak usia dini dan efektif digunakan untuk menstimulasi perilaku prososial anak usia dini di Jawa Barat. Kelayakan media digital berbasis game visual novel aplikasi Prososial Visual Novel (PROS-VN) dibuktikan dari hasil validasi ahli rekayasa perangkat lunak 73,3%, ahli media 80,8%, dan praktisi PAUD 71,4%, sedangkan bukti efektivitas dibuktikan dari hasil uji coba di TK Miftahulfalah yang menunjukkan peningkatan perilaku prososial anak usia dini hingga 90,3% dengan skor gain 0,70 kategori sedang dan di RA Nurul Huda 2 meningkat hingga 90,1% dengan skor gain 0,70 kategori sedang. Kata Kunci : Media Digital, Game Visual Novel, Perilaku Prososial, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1. Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D. 2. Prof. Dr. Sofia Hartati, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Dadan Nugraha .
Date Deposited: 14 Nov 2023 05:01
Last Modified: 14 Nov 2023 05:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43169

Actions (login required)

View Item View Item