DADAN NUGRAHA, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL BERBASIS GAME VISUAL NOVEL UNTUK STIMULASI PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI (Penelitian dan Pengembangan pada Anak Usia Dini di Jawa Barat). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (898kB) |
![]() |
Text
2. BAB 1.pdf Download (586kB) |
![]() |
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (952kB) | Request a copy |
![]() |
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. DAFUS NEW.pdf Download (552kB) |
![]() |
Text
8. LAMPIRAN NEW 2_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan media digital berbasis game visual novel merupakan upaya penciptaan solusi terkait kebutuhan media berbasis digital untuk stimulasi perilaku prososial pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini di Jawa Barat. Faktanya penggunaan media digital oleh lembaga PAUD yaitu 69% menggunakan media non digital dan 31% menggunakan media digital, 71,8% media digital yang diperlukan yaitu untuk aspek perkembangan sosio-emosional dan 67,4% jenis media digital yang diperlukan yaitu game interaktif, sedangkan media digital berbasis game visual novel untuk jenjang anak usia dini masih sangat terbatas. Melalui proses penelitian dan pengembangan yang dilakukan, hasil penelitian ini tercipta aplikasi android berjudul Prososial Visual Novel (PROS-VN) yang layak diterapkan sebagai media pendidikan untuk anak usia dini dan efektif digunakan untuk menstimulasi perilaku prososial anak usia dini di Jawa Barat. Kelayakan media digital berbasis game visual novel aplikasi Prososial Visual Novel (PROS-VN) dibuktikan dari hasil validasi ahli rekayasa perangkat lunak 73,3%, ahli media 80,8%, dan praktisi PAUD 71,4%, sedangkan bukti efektivitas dibuktikan dari hasil uji coba di TK Miftahulfalah yang menunjukkan peningkatan perilaku prososial anak usia dini hingga 90,3% dengan skor gain 0,70 kategori sedang dan di RA Nurul Huda 2 meningkat hingga 90,1% dengan skor gain 0,70 kategori sedang. Kata Kunci : Media Digital, Game Visual Novel, Perilaku Prososial, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1. Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D. 2. Prof. Dr. Sofia Hartati, M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 20900 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 05:01 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 05:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43169 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |