SIKAP BAHASA MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN BAHASAINDONESIA DI KELAS KAIWA CHOKAI (STUDI KASUS DI KELAS BAHASA JEPANG UNNES SEMARANG, JAWA TENGAH

SETIYANI WARDHANINGTYAS, . (2023) SIKAP BAHASA MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN BAHASAINDONESIA DI KELAS KAIWA CHOKAI (STUDI KASUS DI KELAS BAHASA JEPANG UNNES SEMARANG, JAWA TENGAH. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap bahasa mahasiswa terhadap bahasa Indonesia di kelas kaiwa di Universitas Negeri Semarang. Untuk mengetahui sikap bahasa, harus diketahui opini mahasiswa dan tanggapan mahasiswa mengenai penggunaan bahasa Indonesia di kelas kaiwa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Metode studi kasus adalah pendekatan yang dilakukan secara terperinci, dan mendalam terhadap gejala-gejala tertentu. Hasil analisis wawancara mengenai penggunaan bahasa Indonesia di kelas kaiwa adalah sebagai berikut: 1) Penggunaan bahasa Indonesia di kelas kaiwa adalah hal yang tidak bisa dihindari, 2) Responden bisa mengidentifikasi apakah suatu objek itu baik atau tidak (fungsi utilitarian), 3) Menggunakan bahasa jepang secara terus menerus akan menghalangi proses komunikasi dan membuat pembelajar menjadi terasing dari proses pembelajaran. Data dari observasi menunjukkan bahwa 1) ada kejutan bahasa dimana mahasiswa merasa bodoh ketika mahasiswa berhadapan dengan bahasa target, 2) Untuk mendapatkan pemerolehan bahasa target seperti diharapkan, diperlukan lingkungan belajar yang mampu mengembangkan rasa percaya diri mahasiswa, 3) Ada temuan mengenai hipotesis filter afektif dari Krashen yang diletakkan dalam konteks yang berlawanan, 4) Sikap bahasa mahasiswa di kelas kaiwa memberikan skema kognitif untuk mengatasi lingkungan yang kompleks dan ambigu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sikap bahasa terhadap bahasa pertama dalam konteks pengajaran bahasa target membuat pembelajar merasa nyaman dan tingkat kecemasan menjadi rendah sehingga pembelajaran bahasa target menjadi lebih mudah dipahami. Kata kunci: sikap bahasa, bahasa Indonesia, kelas Kaiwa This study aims to determine students' language attitudes towards Indonesian in the kaiwa class at Semarang State University. To find out language attitudes, it is necessary to know students' opinions and student responses regarding the use of Indonesian in kaiwa classes. This research uses a qualitative approach and case study method. The case study method is a detailed and in-depth approach to certain phenomena. The results of the interview analysis regarding the use of Indonesian in the kaiwa class are as follows: 1) The use of Indonesian in the kaiwa class is something that cannot be avoided, 2) Respondents can identify whether an object is good or not (utilitarian function), 3) Using language Japanese will continuously block the communication process and make students alienated from the learning process. Data from observations show that 1) there is language shock where students feel stupid when students are faced with the target language, 2) To get the acquisition of the target language as expected, a learning environment is needed that is able to develop student self-confidence, 3) There are findings regarding the affective filter hypothesis from Krashen which is placed in the opposite context, 4) The language attitude of students in the kaiwa class provides a cognitive scheme for dealing with complex and ambiguous environments. The conclusion of this study is that language attitudes towards the first language in the context of teaching the target language make the learner feel comfortable and the level of anxiety is low so that learning the target language becomes easier to understand. Keywords: language attitude, Indonesian, Kaiwa class.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.Pd. ; 2). Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 20914 not found.
Date Deposited: 22 Dec 2023 06:29
Last Modified: 22 Dec 2023 06:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43207

Actions (login required)

View Item View Item