PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS ETNOMATEMATIKA DAN SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA

SARFA WASSAHUA, . (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS ETNOMATEMATIKA DAN SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (683kB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (875kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (893kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dikembangkan, karena tujuan dari berpikir kritis adalah untuk mencapai pemahaman yang mendalam, sehingga mampu mengatasi permasalahan yang ditemukan dalam kehidupan sehari- hari. Namun kondisi yang masih terlihat sekarang ini, adanya Ketidakmampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal diakibatkan karena peserta didik belum memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik. Untuk itu di perlukan self efficacy yang baik yang dapat didorong melalui model pembelajaran nyata yakni dengan model etnomatematika untuk memotivasi dan meransang kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran etnomatematika dan self efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 3. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik dan non tes untuk mengetahui self efficacy peserta didik. Analisa data menggunakan ANOVA dua jalur. Hasil temuan menunjukkan bahwa rata-rata peserta didik dengan self efficacy tinggi sedang dan rendah yang diajarkan dengan model pembelajaran etnomatematika memiliki kemampuan berpikir kritis lebih baik dibanding peserta didik dengan self efficacy tinggi, sedang dan rendah diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran etnomatematika dan self efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Sekolah Dasar di Kota Ambon. The ability to think critically is a very important ability to develop, because critical thinking aims to achieve a deep understanding, to be able to overcome problems that exist in everyday life. However, the condition that is still visible today is that students' inability to solve problems occurs because students do not have good critical thinking skills. For this reason, it is necessary to have good self-abilities which can be encouraged through real learning models, namely ethnomathematics models to motivate and stimulate students' critical thinking abilities. The research aims to determine the influence of ethnomathematics and self-efficacy learning models on elementary school students' critical thinking abilities. The research method used was quasi-experimental with a 2 x 3 factorial design. Sample selection was carried out using purposive sampling. Data collection techniques use test instruments to determine students' critical thinking abilities and non-tests to determine students' self-efficacy. Data analysis used two-way ANOVA. The results of the research show that on average students who have high, medium and low selfefficacy who are taught using the ethnomathematics learning model have better critical thinking skills than students with high, medium and low self-efficacy who are taught using the expository learning model so that It can be concluded that there is an influence of the ethnomathematics learning model and self-efficacy on the critical thinking abilities of elementary school students in Ambon City.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1) PROF.DR.IR. ARITA MARINI., M.E. 2) DR. MAKMURI., M.PD.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Dasar
Depositing User: Sarfa Wassahua .
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:59
Last Modified: 22 Jan 2024 04:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43287

Actions (login required)

View Item View Item