GAME EDUKATIF “ALIGA LAPAR” BERBASIS WEBSITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL SIMBOL MATEMATIKA BAGI PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME

ZAWIL FARHAH, . (2024) GAME EDUKATIF “ALIGA LAPAR” BERBASIS WEBSITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL SIMBOL MATEMATIKA BAGI PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (903kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian karya inovatif yang dilakukan oleh peneliti bertujuan untuk mengambangkan sebuah media pembelajaran berbasis website dalam mata pelajaran Matematika yang diberi nama Aliga Lapar untuk salah satu peserta didik dengan Autisme kelas II di Saraswati Learning Center. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Develoment dengan menggunakan model PPE (Planning, Production, Evaluation) yang dikembangkan oleh Richey dan Klein pada tahun 2007. Evaluasi formatif yang dilakukan melalui expert judgement dan uji coba produk. Penelitian menunjukkan berdasarkan review expert judgement media Aliga Lapar mendapatkan kategori layak melalui hasil analisis dari ketiga ahli (ahli media, ahli materi, dan ahli autisme). Sedangkan dari hasil evaluasi uji coba produk yang telah dilakukan oleh peneliti kepada peserta didik menunjukkan hasil bahwa media Aliga Lapar mudah digunakan dan dipahami oleh peserta didik dengan autisme kelas II. Dengan demikian media Aliga Lapar berbasis website dapat digunakan dalam pembelajaran matematika materi mengenal simbol untuk peserta didik dengan autisme. The innovative research work carried out by researchers aims to develop a website-based learning media in Mathematics subjects called Aliga Lapar for one of the students with Autism class II at Saraswati Learning Center. The research method used is the Research and Development method using the PPE (Planning, Production, Evaluation) model. Formative evaluation is carried out through expert judgment and product trials. Research shows that based on an expert judgment review, Aliga Lapar media received a suitable category through the results of analysis from three experts (media experts, material experts and autism experts). Henceforth,, the results of product trial evaluations carried out by researchers on students show that the Aliga Lapar media is easy to use and to understand by students with autism in class II. Thus, the website-based Aliga Lapar media can be used in mathematics learning material recognizing symbols for students with autism.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. M. Arif Taboer, M.Pd. 2). Leliana Lianty, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 21049 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2024 00:52
Last Modified: 23 Jan 2024 00:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43289

Actions (login required)

View Item View Item