MENINGKATKAN PENGETAHUAN BAGIAN TUBUH HEWAN BAGI PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL SEDANG MELALUI PENGGUNAAN PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE STIKER 3D KELAS IV DI SLB NEGERI 12 JAKARTA

Malwa Salama, . (2024) MENINGKATKAN PENGETAHUAN BAGIAN TUBUH HEWAN BAGI PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL SEDANG MELALUI PENGGUNAAN PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE STIKER 3D KELAS IV DI SLB NEGERI 12 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (329kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Hambatan intelektual adalah individu yang mengalami keterbatasan pada fungsi intelektual berkaitan dengan kemampuan belajar, berfikir, dan menyelesaikan masalah. Oleh karena itu individu hambatan intelektual sedang membutuhkan waktu yang lama dalam menerima materi yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan bagian tubuh hewan bagi peserta didik hambatan intelektual sedang kelas IV melalui penggunaan permainan edukatif puzzle stiker 3D di SLB Negeri 12 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan dengan beberapa tahapan yang terdiri dari perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi. Beberapa tahapan tersebut dilakukan dalam 2 siklus. Siklus I dilakukan dengan 8 kali pertemuan dan siklus II dengan 5 kali pertemuan. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan awal peserta didik adalah 45%. Setelah diberikan tindakan siklus I meningkat menjadi 75% dan diakhir siklus II meningkat menjadi 87%. Berdasarkan data tersebut maka dapat ditarik kesimpulan permainan edukatif puzzle stiker 3D dapat meningkatkan pengetahuan bagian tubuh hewan peserta didik hambatan intelektual sedang kelas IV di SLB Negeri 12 Jakarta. Kata kunci: Pengetahuan, Bagian Tubuh Hewan, Puzzle Stiker 3D, Hambatan Intelektual. ********** ABSTRACT Intellectual disability is an individual who experiences limitations in intellectual functions related to learning, thinking, and problem-solving abilities. Therefore, individuals with moderate intellectual disabilities often require more time to grasp abstract materials. This research aims to enhance the knowledge of animal body parts for fourth-grade students with moderate intellectual disabilities using an educational 3D sticker puzzle game at SLB Negeri 12 Jakarta. The study employs the Classroom Action Research method with the Kemmis and McTaggart research model. The research is conducted in several stages, comprising planning, action and observation, reflection. These stages are carried out in 2 cycles. The research consists of two cycles: Cycle I conducted over 8 sessions and Cycle II over 5 sessions. Data analysis involves both qualitative and quantitative methods. The research results indicate that the initial ability of the participants is 45%. After the implementation of cycle 1, it increased to 75%, and at the end of cycle 2, it further increased to 87%. Based on these findings, it can be concluded that the educational 3D sticker puzzle game can improve the knowledge of animal body parts for fourth-grade students with moderate intellectual disabilities at SLB Negeri 12 Jakarta. Keywords: Knowledge, Animal Body Parts, 3D Sticker Puzzle, Intellectual Disability.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Bahrudin, M.Pd. ; 2). Dr. Hartini Nara, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 21166 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2024 01:39
Last Modified: 26 Jan 2024 01:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43423

Actions (login required)

View Item View Item