PENGARUH PESAN KAMPANYE BANK RAKYAT INDONESIA DI TWITTER TERHADAP SIKAP MELINDUNGI KERAHASIAAN DATA PRIBADI (STUDI KUANTITATIF KAMPANYE BRI EDUKASI PADA PENGIKUT AKUN TWITTER @KONTAKBRI)

ANNISA SEKARWULAN, . (2023) PENGARUH PESAN KAMPANYE BANK RAKYAT INDONESIA DI TWITTER TERHADAP SIKAP MELINDUNGI KERAHASIAAN DATA PRIBADI (STUDI KUANTITATIF KAMPANYE BRI EDUKASI PADA PENGIKUT AKUN TWITTER @KONTAKBRI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (894kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kampanye pada dasamnya merupakan penyampaian pesan dari pengirim kepada khalayak. Pesan kampanye harus dirancang secara persuasif, sistematis dan, kreatif agar dapat menciptakan respon tertentu dari khalayak. Begitu juga pesan kampanye BRI Edukasi yang bertujuan untuk menciptakan sikap pengikut agar dapat melindungi kerahasiaan data pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pesan kampanye BRI Edukasi di Twitter terhadap sikap melindungi kerahasiaan data pribadi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori integrasi infommasi. Dalam hal ini, sikap seseorang terbentuk dari adanya penerimaan informasi. Penelitian ini mempunyai dua variabel, yaitu variabel pesan kampanye (X) dan sikap (Y). Variabel X mempunyai tiga dimensi yakni isi pesan, struktur pesan, dan bingkai pesan. Sementara itu, variabel Y mempunyai tiga dimensi yakni kognitif, afektif dan konatif. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme, pendekatan kuantitatif, dan tipe penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pengikut Twitter @kontakBRI yang menyukai konten kampanye BRI Edukasi Fadil Jaidi yang berjumlah 206 pengikut dan jumlah sampel sebanyak 136 pengikut. Penelitian ini menggunakan metode analisis univariate dan bivariate yakni analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai mean pada variabel pesan kampanye yang tertinggi yakni isi pesan dan nilai mean terendah yakni struktur pesan. Oleh karena itu, penempatan informasi penting dan eyecatching pada awal kalimat harap ditingkatkan. Sedangkan nilai mean pada variabel sikap yang tertinggi yakni konatif dan nilai mean terendah yakni kognitif. Oleh karena itu, diharapkan membuat banyak unggahan kampanye yang lebih edukatif dan repetitif. Penlitian ini menunjukkan bahwa pesan kampanye BRI Edukasi di Twitter berpengaruh signifikan dengan kategori nilai sedang terhadap sikap melindungi kerahasiaan data pribadi pada pengikut akun Twitter @kontakBRI. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ha diterima dan ho ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pesan kampanye BRI Edukasi di Twitter mempunyai pengaruh signifikan yang sedang terhadap sikap melindungi kerahasiaan data pribadi pengikut akun Twvitter @kontakBRI dengan cara melindungi kerahasian data pribadi berupa nomor KTP nomor kartu, nomor Card Verification Value, pin, username dan password. Kata kunci: pesan kampanye, kampanye, sikap Campaigns are basically the delivery of messages from the sender to the audience. Campaign messages must be designed persuasively, systematically and creatively in order to create a certain response from the audience. Likewise, the BRI Edukasi campaign message aims to create follower attitudes to protect the confidentiality of personal data. This study aims to determine how the influence of the BRI Edukasi campaign message on Twitter on the attitude of protecting the confidentiality of personal data. The theory used in this research is information integration theory. In this case, a person’s attitude is formed from the receipt of information. This study has two variables, namely the campaign message variable (X) and the attitude variable (Y). Variable X has three dimensions, namely message content, message structure, and message frame. Meanwhile, variable Y has three dimensions, namely cognitive, affective and conative. This research uses the positivism paradigm, quantitative approach, and survey research type. The population in this study were @kontakBRI Twitter followers who liked Fadil Jaidi's BRI Edukasi campaign content, totaling 206 followers and a sample size of 136 followers. This study uses univariate and bivariate analysis methods, namely simple linear regression analysis. The results of this study show that the highest mean value on the campaign message variable is the message content and the lowest mean value is the message structure. Therefore, the placement of important and eyecatching information at the beginning of the sentence should be improved. Meanwhile, the mean value on the attitude variable is the highest, namely conative and the lowest mean value is cognitive. Therefore, it is expected to make many campaign posts that are more educative and repetitive. This study shows that the BRI Edukasi campaign message on Twitter has a significant effect with a moderate value category on the attitude of protecting the confidentiality of personal data on followers of the @kontakBRI Twitter account. The results of hypothesis testing in this study show that ha is accepted and ho is rejected. The conclusion in this study is that the BRI Edukasi campaign message on Twitter has a moderate significant effect on the attitude of protecting the confidentiality of personal data of followers of the @kontakBRI Twitter account. This is done by protecting the confidentiality of personal data in the form of KTP card number, Card Verification Value number, pin, username and password. Keywords: campaign message, campaign, attitude

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Vera Wijayanti Sutjipto, M.Si. 2). Maulina Larasati Putri, M.I.Kom.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 21228 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2024 05:22
Last Modified: 26 Jan 2024 05:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43480

Actions (login required)

View Item View Item