NADYA ADELLIA NURLAILA, . (2023) PERENCANAAN DESAIN KURSI KEMUDI ERGONOMIS DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (283kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) | Request a copy |
Abstract
Menurut data dari Kepolisian Indonesia, mengungkapkan bahwa jumlah kecelakaan dapat diatribusikan kepada beberapa faktor, di antaranya 61% disebabkan oleh kesalahan manusia (human error), 9% disebabkan oleh faktor kendaraan, dan 30% disebabkan oleh faktor prasarana dan lingkungan. Pada 61% kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh kesalahan manusia, kesalahan manusia seperti kelelahan, mengantuk, dan kehilangan konsentrasi. Kelelahan pengemudi sebagian disebabkan oleh ketidaksesuaian antara spesifikasi kursi kemudi yang digunakan dan kebutuhan tubuh pengemudi. Salah satu aspek yang relevan dalam penelitian ini adalah posisi ergonomi yang berkaitan dengan kursi pengemudi. Metode Quality Function Deployment (QFD) dapat mengidentifikasi dan memprioritaskan kebutuhan teknis serta spesifikasi produk sesuai dengan preferensi pengguna. Pendekatan ini melibatkan penyebaran kuisioner kepada mahasiswa berusia 21-24 tahun, dan hasil jawaban tersebut diorganisir menjadi atribut-atribut kebutuhan dan preferensi pengguna. Data antropometri dikumpulkan dari 30 sampel mahasiswa, dan data yang akan digunakan meliputi data persentil ke-5, ke-50, dan ke-95. Penentuan persentil dalam perancangan ini bertujuan untuk menentukan dimensi pada kursi kemudi yang dapat digunakan oleh sebagian besar pengguna. Diperoleh desain kursi kemudi dengan spesifikasi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna dan desain kursi kemudi yang ergonomis dengan ukuran yang sesuai dengan data antropometri pengguna serta penempatan posisi duduk yang aman dan nyaman. ***** According to data from the Indonesian Police, it is revealed that the number of accidents can be attributed to several factors, including 61% caused by human error, 9% caused by vehicle factors, and 30% caused by infrastructure and environmental factors. In 61% of traffic accidents, human error such as fatigue, drowsiness, and loss of concentration is a contributing factor. Driver fatigue is partly due to the mismatch between the specifications of the steering wheel used and the driver's body needs. One relevant aspect in this research is the ergonomic position related to the driver's seat. The Quality Function Deployment (QFD) method can identify and prioritize technical requirements as well as product specifications according to user preferences. This approach involves distributing questionnaires to students aged 21-24, and the results of these responses are organized into attributes of user needs and preferences. Anthropometric data was collected from 30 student samples, and the data to be used includes the 5th, 50th, and 95th percentiles. The determination of percentiles in this design aims to establish dimensions on the steering wheel that can be used by the majority of users. A steering wheel design was obtained with specifications that align with user preferences and needs, and an ergonomic steering wheel design with dimensions that match user anthropometric data, as well as a safe and comfortable seating position.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Catur Setyawan Kusumohadi, M.T., Ph.D. ; 2). Pratomo Setyadi, S.T., M.T. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik Teknologi dan Ilmu Terapan > Otomotif, Astronotika |
Divisions: | FT > S1 Rekayasa Keselamatan Kebakaran |
Depositing User: | Users 21291 not found. |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 05:53 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 05:53 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43606 |
Actions (login required)
View Item |