PEMBUATAN FLASHCARD INTERAKTIF DAN MOBILE AUGMENTED REALITY UNTUK ANAK USIA DINI SEBAGAI MEDIA BANTU AJAR GURU (STUDI KASUS: TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU BINA BANGSA SEJAHTERA)

LINGKA MARYADI, . (2024) PEMBUATAN FLASHCARD INTERAKTIF DAN MOBILE AUGMENTED REALITY UNTUK ANAK USIA DINI SEBAGAI MEDIA BANTU AJAR GURU (STUDI KASUS: TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU BINA BANGSA SEJAHTERA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK LINGKA MARYADI 1512619071. Pembuatan Flashcard Interaktif Dan Mobile Augmented Reality Untuk Anak Usia Dini Sebagai Media Bantu Ajar Guru (Studi Kasus: Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Bina Bangsa Sejahtera). Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. 2023. Pembimbing Irma Permata Sari, S.Pd., M.Eng dan Murien Nugraheni, ST., M.Cs. Flashcard memiliki gambar yang statis, ukuran yang kecil serta bahan kertas membuat flashcard menjadi monoton yang hanya dapat dilihat dari jarak dekat dan rentan rusak, Berdasarkan hasil wawancara dengan Kepala Sekolah Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Bina Bangsa Sejahtera menyatakan bahwa media ajar flashcard dapat bila digunakan dalam kelompok belajar kecil, namun menjadi kurang efektif apabila digunakan dalam kelompok belajar besar, maka dari itu dibutuhkan aplikasi flashcard berbasis android dengan mobile augmented reality. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan aplikasi flashcard berbasis android dengan mobile augmented reality sebagai media ajar yang dapat membantu guru dalam kegiatan pembelajaran dan dapat memperluas metode belajar baru. Metode yang digunakan merupakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) model luther-sutopo. Hasil dari penelitian menunjukkan validasi aplikasi dari pengujian blackbox mendapatkan nilai sebesar 100%, selanjutnya ahli materi mendapat nilai sebesar 100%, ahli media mendapat nilai sebesar 96%, dan hasil evaluasi responden mendapat nilai sebesar 82%, dari hasil yang diperoleh aplikasi yang dihasilkan dapat disimpulkan baik dan layak untuk digunakan sebagai media ajar. Kata kunci: Flashcard, Android, Mobile Augmented Reality, MDLC, Blackbox *********** ABSTRACT LINGKA MARYADI 1512619071. Making Interactive Flashcards and Mobile Augmented Reality for Early Childhood as Teacher's Teaching Aids (Case Study: Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Bina Bangsa Sejahtera). Thesis of Informatics and Computer Engineering Education Study Program, Faculty of Engineering, State University of Jakarta. 2023. Lecturers Irma Permata Sari, S.Pd., M.Eng and Murien Nugraheni, ST., M.Cs. Flashcard have static images, small size and paper materials make flashcards monotonous which can only be seen from a close distance and are vulnerable to damage. Based on the results of interviews with Head of Bina Bangsa Sejahtera Integrated Islamic Kindergarten stated that flashcard teaching media can be used in small study groups, but it becomes less effective when used in large study groups, therefore an android-based flashcard application with mobile augmented reality is needed. This research was conducted with the aim of producing an android-based flashcard application with mobile augmented reality as a teaching medium that can help teachers in learning activities and can expand new learning methods. The method used is luther-sutopo model of Multimedia Development Life Cycle (MDLC). The results of the study showed that the application validation from blackbox testing received a score of 100%, then the material expert received a score of 100%, the media expert received a score of 96%, and the respondent's evaluation results received a score of 82%, from the results obtained the resulting application can be concluded good and feasible to use as teaching media. Keywords: Flashcard, Android, Mobile Augmented Reality, MDLC, Blackbox

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Irma Permata Sari, S.Pd.,M.Eng. ; 2). Murien Nugraheni, ST.,M.Cs.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 21281 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2024 01:50
Last Modified: 31 Jan 2024 01:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43625

Actions (login required)

View Item View Item