PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM DI KELAS XI IPS (STUDI KASUS SMAN 1 JAKARTA)

AULIA PUTRI RAHMADITA, . (2024) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM DI KELAS XI IPS (STUDI KASUS SMAN 1 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil Post-Test kelas kontrol dengan hasil Post-Test kelas eksperimen di SMAN 1 Jakarta. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan model pembelajaran game based learning dalam proses pembelajaran dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol yang akan menggunakan model pembelajaran konvensional dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2023. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data pada penelitian kali ini yaitu uji instrumen, uji data sebagai persyaratan analisis, dan uji analisis data. Berdasarkan dari hasil pengujian, instrumen dinyatakan valid dan reliabel, serta data dinyatakan normal dan homogen. Berdasarkan dari pengujian data yang diambil di lapangan, diperoleh hasil bahwa tidak terlalu berpengaruh pada hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen. Kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar kognitif dengan perolehan nilai rata-rata menjadi 68 menjadi 82. Sedangkan perolehan kelas kontrol dari 47,3 menjadi 71. Kesimpulan ini juga didukung dengan perolehan nilai Sig. pada uji t tidak berpasangan sebesar 0,015 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima dikarenakan nilai Sig. < 0,05. Sehingga terdapat perbedaan antara hasil Post-Test kelas kontrol dengan hasil Post-Test kelas eksperimen dan tidak terlalu berpengaruh pada model pembelajaran game based learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi Mitigasi Bencana Alam di SMA Negeri 1 Jakarta. *** This research aims to determine the difference between the control class Post-Test results and the experimental class Post-Test results at SMAN 1 Jakarta. The sampling technique in this research used the Simple Random Sampling method. The sample used in this research is class XI IPS 2 as an experimental class which will use the game based learning model in the learning process and class This research was carried out in May 2023. The techniques used to analyze data in this research were instrument tests, data tests as analysis requirements, and data analysis tests. Based on the test results, the instrument was declared valid and reliable, and the data was declared normal and homogeneous. Based on testing data taken in the field, the results showed that it did not have much influence on the cognitive learning outcomes of students in the experimental class. The experimental class experienced an increase in cognitive learning outcomes with the average score being 68 to 82. Meanwhile, the control class' score was from 47.3 to 71. This conclusion is also supported by the Sig. in the unpaired t test it is 0.015, which means that H0 is rejected and Ha is accepted because of the Sig value. < 0.05. So there is a difference between the post-test results of the control class and the post�test results of the experimental class and it does not have much influence on the game based learning model on students' cognitive learning outcomes in Natural Disaster Mitigation material at SMA Negeri 1 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ilham Badaruddin Mataburu, S.Si., M.Si. ; 2). Fauzi Ramadhoan A’Rachman, S.Pd., M.Sc.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 21006 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2024 05:01
Last Modified: 30 Jan 2024 05:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43701

Actions (login required)

View Item View Item