PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN JUMANJI EDUKASI (JUMASI) PADA MATERI PRODUK PANGAN SETENGAH JADI MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS VIII

Ade Alfianti, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN JUMANJI EDUKASI (JUMASI) PADA MATERI PRODUK PANGAN SETENGAH JADI MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS VIII. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa permainan Jumanji Edukasi (Jumasi) pada mata pelajaran Prakarya materi produk pangan setengah jadi kelas VIII di SMP Negeri 2 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini melibatkan para ahli yang terdiri atas ahli materi dan ahli media serta responden yang terdiri atas tiga peserta didik uji perorangan dan delapan peserta didik uji kelompok kecil. Tingkat kelayakan media berdasarkan hasil uji validasi memperoleh rata-rata 100% dari ahli materi dan 91,9% dari ahli media dengan kategori sangat baik. Sedangkan tingkat kelayakan media berdasarkan hasil uji coba pengguna memperoleh rata-rata 100% untuk uji coba perorangan dan 95,8% untuk uji coba kelompok kecil dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan Jumanji Edukasi sangat baik dan bersifat layak digunakan sebagai media pada mata pelajaran Prakarya. ***** The research is aimed at developing learning media in the form of Jumanji Education (Jumasi) games on the subjects of Craft material food products half of the class VIII in the Junior High School 2 Jakarta. The research method used was Research and Development (R&D) using the ADDIE development model. This research involved experts consisting of material experts and media experts as well as respondents comprising three individual test students and eight small group test students. Media qualifications based on validation test results were averaged 100% of the material expert and 91.9% of the media expert with very good categories. While the media qualification based on user test results was averaging 100% for individual trials and 95.8% for small group trials with excellent category. Based on the results, it can be concluded that the Jumanji Education game is excellent and deserves to be used as Craft learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hamiyati, M.Si. ; 2). Dr. Muhammad Faesal, M.H., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 21410 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:26
Last Modified: 31 Jan 2024 02:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43728

Actions (login required)

View Item View Item