ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERLAMBATAN PENYELESAIAN STUDI MAHASISWA PENDIDIKAN TATA RIAS UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

FADILLA PUTRI AWALIA, . (2024) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERLAMBATAN PENYELESAIAN STUDI MAHASISWA PENDIDIKAN TATA RIAS UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover, Abstrak, Lembar Pengesahan, Lembar Originalitas, Surat Pernyataan Persetujuan Publikasi, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text
LAMPIRAN & DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Lulus tepat waktu merupakan harapan yang wajar bagi sebagian besar mahasiswa. Sesuai dengan data yang diperoleh dari Administrasi Program Studi Pendidikan Tata Rias, bahwa masih terdapat mahasiswa yang belum menyelesaikan studinya dengan tepat waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja dan faktor mana yang paling mempengaruhi keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Jakarta. Pada penelitian ini, menggunakan metode pendekatan kuantitatif statistik deskriptif dengan teknik Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 67 mahasiswa yaitu mahasiswa pendidikan tata rias angkatan 2017, 2018, dan 2019 di Universitas Negeri Jakarta yang masih berstatus aktif dan belum menyelesaikan masa studinya di semester 119. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kusioner/angket dan disebarkan melalui Google Form. Pengujian instrumen dalam penelitian ini adalah uji validitas instrumen dan uji reliabilitas instrumen. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi terlambatnya penyelsaian studi pada mahasiswa adalah faktor internal dengan persentase kategori motivasi sebesar 47,7% yang dikategorikan “Cukup” dan minat sebesar 57,7% yang dikategorikan “Cukup”. Sedangkan Faktor eksternal memiliki persentase kategori problem akademik sebesar 64,1% yang dikategorikan “Tinggi” dan problem sosial pribadi sebesar 74,6% yang dikategorikan “Tinggi”. Maka dapat disimpulkan bahwa setiap indikator memberikan pengaruh terhadap keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa dan faktor sosial pribadi merupakan pengaruh yang paling tinggi terhadap keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa. ***** Graduating on time is a reasonable expectation for most students. In accordance with data obtained from the Cosmetology Education Study Program Administration, there are still students who have not completed their studies on time. The purpose of this research is to find out what factors and which factors most influence the delay in completing studies for students in the Cosmetology Education Study Program, Jakarta State University. In this research, a descriptive statistical quantitative approach method was used with the Puposive Sampling technique. The sample in this study was 67 students, namely cosmetology education students from the 2017, 2018 and 2019 classes at Jakarta State University who were still active and had not yet completed their study period in semester 119. The data collection technique used was a questionnaire and distributed via Google Form. . The instrument testing in this research is the instrument validity test and the instrument reliability test. The results of the research show that the factors that influence students' late completion of studies are internal factors with a percentage in the motivation category of 47.7% which is categorized as "Enough" and interest of 57.7% which is categorized as "Enough". Meanwhile, external factors have a percentage in the academic problem category of 64.1% which is categorized as "High" and personal social problems of 74.6% which is categorized as "High". So it can be concluded that each indicator has an influence on delays in completing student studies and personal social factors have the highest influence on delays in completing student studies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Nurina Ayuningtyas, S.Pd., M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Neneng Siti Silfi Ambarwati, S.Si., Apt., M.Si.
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Users 21608 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:28
Last Modified: 30 Jan 2024 04:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43800

Actions (login required)

View Item View Item