ANALISIS AERODINAMIKA PADA PROFIL NACA 23112 DENGAN MENGGUNAKAN SOLIDWORK

ASH SHDDIQY RAHMAN MAHENDRA, . (2024) ANALISIS AERODINAMIKA PADA PROFIL NACA 23112 DENGAN MENGGUNAKAN SOLIDWORK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (673kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (356kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Analisis karakteristik aerodinamika ini dilakukan pada airfoil NACA 23112 yang digunakan pada sayap pesawat dan turbin angin. Penelitian ini bertujuan Mendapatkan nilai coefficient of drag (Cd) dan coefficient of lift (Cl) pada profile NACA 23112 serta hubungan yang terjadi antara kedua koefisien terhadap sudut serang (α) yang bervariasi antata 00 sampai 3600. Dalam penelitian ini, analisa karakteristik aerodinamika dilakukan dengan mengkaji sudut serang (α) antara (0° - 360°) terhadap kontur tekanan dan kecepatan, serta hasil data analisis koefisien angkat (Cl) dan koefisien hambat (Cd) yang terjadi disekitar airfoil. Analisis dilakukan dengan cara mensimulasikan aliran fluida yang mengalir pada airfoil NACA 23112 dengan menggunakan software solidworks 2018 dengan menganalisis pada berbagai sudut serang (00 sampai 3600) selisih 50 disetiap sudut serangnya. Metode yang digunakan adalah metode analisis simulasi. Simulasi dilakukan dengan membuat model airfoil NACA 23112 dengan kecepatan 5 m/s, sehingga didapatkan antara sudut serang terhadap kecepatan, tekanan, koefisien angkat (Cl) dan koefisien hambat (Cd) yang dihasilkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Cd da Cl yang didapat juga bervariasi. Koefisien drag mencapai pada puncaknya saat sudut serang mendekati 900 dan 2700. Dan pada sudut serang mendekati 450, 1350, 2230 dan 3150 koefisien berada pada nilai maksimumnya. Kata Kunci : Aerodinamika, Airfoil NACA 23112, Drag, Lift, Solidwork 2018, ***** Analysis of these aerodynamic characteristics was performed on NACA 23112 airfoils used on aircraft wings and wind turbines. This study aims to obtain the value of coefficient of drag (Cd) and coefficient of lift (Cl) in NACA profile 23112 and the relationship that occurs between the two coefficients of attack angle (α) which varies from 00 to 3600 . In this study, aerodynamic characteristic analysis was carried out by examining the angle of attack (α) between (0 ° - 360 °) on the contour of pressure and speed, as well as the results of data analysis of the lift coefficient (Cl) and drag coefficient (Cd) that occur around the airfoil. The analysis was carried out by simulating the flow of fluid flowing in the NACA 23112 airfoil using solidworks 2018 software by analyzing at various angles of attack (00 to 3600 ) a difference of 50 at each angle of attack. The method used is a simulation analysis method. The simulation was carried out by making a NACA 23112 airfoil model with a speed of 5 m / s, so that the angle of attack was obtained between the speed, pressure, lift coefficient (Cl) and drag coefficient (Cd) produce. The results of this study showed that the value of Cd da Cl obtained also varied. The drag coefficient reaches its peak when the angle of attack approaches 900 and 2700 . And at angles of attack close to 450 , 1350 , 2230 and 3150 the coefficients are at their maximum values. Keywords : Aerodynamics, Airfoil NACA 23112, Drag, Lift, Solidwork 2018

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sirojuddin, M.T. ; 2). Dr. Eko Arif Syaefudin, M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 21629 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:47
Last Modified: 31 Jan 2024 02:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43837

Actions (login required)

View Item View Item