MODELLING 3D DAN ANIMATING OBJECT PADA APLIKASI SINAU BERBASIS AUGMENTED REALITY (STUDI KASUS: TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU BINA BANGSA SEJAHTERA)

MUHAMMAD AL-GHAZHALI, . (2024) MODELLING 3D DAN ANIMATING OBJECT PADA APLIKASI SINAU BERBASIS AUGMENTED REALITY (STUDI KASUS: TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU BINA BANGSA SEJAHTERA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (876kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran berbasis augmented reality merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat sangat membantu proses kegiatan belajar mengajar, terutama apabila materi yang disampaikan merupakan materi yang jarang dijumpai di kehidupan sehari-hari. Hal ini merupakan salah satu kendala yang dialami oleh TK IT BBS pada saat pemaparan materi soal gejala alam atau bencana alam, karena alasan tersebut maka tercetuslah ide untuk membuat aplikasi Sinau berbasis augmented reality yang diharapkan dapat membantu proses pembelajaran dengan materi bencana alam. Aplikasi Sinau menggunakan model 3D sebagai aset utama yang akan ditampilkan, karena augmented reality akan bekerja secara maksimal apabila menggunakan objek 3D. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka dilakukan modelling 3D dan animating object pada aplikasi Sinau dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Media yang dihasilkan dari pengembangan ini berupa model 3D yang akan diimplementasikan ke dalam aplikasi Sinau. Kelayakan produk yang sudah dikembangkan mendapat kategori “Sangat Baik” dengan persentase kelayakan 100% setelah diuji Black-Box testing oleh penulis, serta mendapat kategori Sangat Baik” dengan persentase kelayakan 92,85% setelah diuji oleh ahli media. Model 3D dinyatakan layak untuk digunakan atau diimplementasikan pada aplikasi Sinau. ***** Augmented reality-based learning media is one of the instructional tools that can greatly aid the teaching and learning process, especially when the material presented is uncommon in daily life. This is a challenge faced by TK IT BBS when presenting materials related to natural phenomena or disasters. Due to this reason, the idea of creating an augmented reality-based learning application called Sinau emerged, with the hope that it could facilitate the learning process with materials related to natural disasters. Sinau app utilizes 3D models as the main assets to be displayed, as augmented reality functions optimally when using 3D objects. To meet this requirement, 3D modeling and animating objects were carried out in the Sinau app using the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method. The media produced from this development is a 3D model that will be implemented into the Sinau application. The feasibility of the developed product falls into the "Very Good" category with a feasibility percentage of 100% after being tested through Black-Box testing by the author. It also received a "Very Good" category with a feasibility percentage of 92.85% after being tested by media experts. The 3D model is deemed suitable for use or implementation in the Sinau application.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Irma Permata Sari, S.Pd., M.Eng. ; 2). Murien Nugraheni, ST., M.Cs.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 21385 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:18
Last Modified: 31 Jan 2024 02:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43847

Actions (login required)

View Item View Item