ADINDA NABILA PUTRI, . (2024) UPAYA MENUMBUHKAN KESADARAN MASYARAKAT TENTANG BANK SAMPAH SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI KELURAHAN RAWAJATI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf.pdf Download (299kB) |
|
Text
BAB 2.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (967kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (124kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang bank sampah sebagai daya tarik wisata di Kelurahan Rawajati. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah adanya upaya yang dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat yang dibangun melalui sosialisasi dan pemberdayaan oleh Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Kecamatan Pancoran, Kelurahan Rawajati, dan Pengelola Bank Sampah Rawajati. Upaya tersebut timbul dimulai dari Bank Sampah Rawajati memiliki program pengolahan sampah, pembuatan pupuk kompos, taman tanaman obat keluarga, dan kerajinan tangan dari sampah anorganik. Tumbuhnya kesadaran masyarakat berlandaskan pengetahuan tentang bank sampah beserta programnya, menjadikan bank sampah sebagai daya tarik wisata edukasi. Pemahaman masyarakat tentang bank sampah tercermin dalam kemampuan masyarakat membedakan jenis sampah secara tidak langsung membentuk sikap antusias dan keterlibatan dalam mendukung operasional di Bank Sampah Rawajati. Pola perilaku masyarakat mencerminkan motivasi menangani permasalahan sampah bersama bank sampah dan instansi terkait. Upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam hal daya tarik wisata melibatkan konsep 3A (Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas) dalam mendeteksi Bank Sampah Rawajati sebagai daya tarik wisata untuk masyarakat umum. Program yang ada di Bank Sampah Rawajati menjadi sebuah atraksi yang dapat dilakukan oleh masyarakat. Prasarana dan sarana di Bank Sampah Rawajati didukung oleh beberapa pihak serta aksesibilitas yang ada mendukung sebagai daya tarik wisata. Kata Kunci: Bank Sampah Rawajati, Kesadaran Masyarakat, Daya Tarik Wisata *** This research aims to determine efforts to raise public awareness about waste banks as a tourist attraction in Rawajati Village. This research uses qualitative methods with descriptive analysis. The result of this study is an effort made to foster community awareness which is built through socialization and empowerment by the Environmental Implementation Unit of Pancoran District, Rawajati Village, and Rawajati Waste Bank Management. These efforts arise starting from the Rawajati Waste Bank having a waste processing program, making compost, family medicinal plant gardens, and handicrafts from inorganic waste. The growth of public awareness based on knowledge about waste banks and their programs makes waste banks an educational tourist attraction. The community's understanding of waste banks is reflected in the community's ability to distinguish types of waste indirectly to form an enthusiastic attitude and involvement in supporting operations at the Rawajati Waste Bank. The pattern of community behavior reflects the motivation to deal with waste problems with waste banks and related agencies. Efforts to raise public awareness in terms of tourist attraction involve the 3A concept (Attraction, Amenity, Accessibility) in detecting the Rawajati Garbage Bank as a tourist attraction for the general public. The program at the Rawajati Garbage Bank is an attraction that can be done by the community. The infrastructure and facilities at the Rawajati Garbage Bank are supported by several parties and the existing accessibility supports it as a tourist attraction. Keywords: Rawajati Garbage Bank, Community Awareness, Tourism Attraction
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Aris Munandar, S.Pd., M.Si. ; 2). Sony Nugratama Hijrawadi, S.Pd., M.Si. |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Geografi Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 21161 not found. |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 02:43 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 02:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43866 |
Actions (login required)
View Item |