IRFANTO FEBRIANSYA, . (2024) ANALISIS RISIKO KECELAKAAN KERJA MENGGUNAKAN METODE FISHBONE DIAGRAM : Analisis Pekerjaan Skylight Proyek Pembangunan Stasiun Halim Kereta Cepat Jakarta - Bandung. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (784kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yaitu proyek Pembangunan Infrastuktur Sarana dan Prasarana Kereta Api Antar Kota. Stasiun Halim merupakan stasiun terbesar dari empat stasiun yang sedang dibangun, Stasiun Halim menjadi titik awal keberangkatan dan kedatangan dari jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang memiliki luas 41.447 m^2. Risiko yang paling banyak terjadi dalam proyek konstruksi adalah kecelakaan kerja. Penelitian ini adalah penelitian evaluatif yang menganalisis risiko - risiko pekerjaan skylight pada Proyek Pembangunan Stasiun Halim Kereta Cepat Jakarta Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis risiko – risiko dominan dengan tingkat risiko ekstrim (E) pada pekerjaan skylight dan menentukan penyebab serta kontrol untuk setiap risiko yang telah dianalisis. Pada penelitian ini dilakukan identifikasi risiko dengan menyebarkan kuesioner survei pendahuluan untuk mendapatkanvariabel risiko yang relevan, selanjutnya melakukan penyebaran kuesioner survei utama untuk mengetahui besaran nilai likehood dan severity dengan skala likert berdasarkan persepsi responden. Selanjutnya dilakukan penilaian risiko menggunakan matriks penilaian risiko sehingga didapat risiko – risiko dominan dengan tingkat risiko ekstrim (E). selanjutnya risiko – risiko dominan dianalisis penyebab dan kontrol risiko menggunakan Metode Fishbone Diagram. Dari hasil data yang telah dianalisis didapatkan 13 risiko dengan tingkat ekstrim (E) yaitu pada fabrikasi skylight kode risiko 1a, 4g, 10c. Serta pada erection skylight pada kode risiko 1a, 4e, 4f, 5d, 5e, 5f, 5g, 5k, 7h, dan 7i. Untuk penyebab dan kontrol risiko yang telah dianalisis dengan Fishbone Diagram dapat dilihat pada BAB IV Sub bab 4.6. Kata Kunci : Analisis Risiko, Kecelakaan Kerja, Fishbone Diagram, Likehood Index, Severity Index, Matriks Risiko The Jakarta-Bandung High Speed Train project is one of the National Strategic Projects, namely the Intercity Railway Facilities and Infrastructure Development project. Halim Station is the largest station of the four stations under construction, Halim Station is the starting point for departure and arrival of the Jakarta-Bandung High Speed Train line which has an area of 41,447 mଶ. The most common risk in construction projects is work accidents. This research is an evaluative research that analyzes the risks of skylight work on the Halim Station Construction Project of the Jakarta Bandung High Speed Train. This study aims to analyze the dominant risks with extreme risk levels (E) in skylight work and determine the causes and controls for each risk that has been analyzed. In this study, risk identification was carried out by distributing preliminary survey questionnaires to obtain relevant risk variables, then distributing the main survey questionnaire to determine the amount of likehood and severity values with a Likert scale based on respondents' perceptions. Furthermore, risk assessment is carried out using a risk assessment matrix so as to obtain dominant risks with extreme risk levels (E). then the dominant risks are analyzed for causes and risk control using the Fishbone Diagram Method. From the results of the data that has been analyzed, 13 risks with extreme levels (E) are obtained, namely in the skylight fabrication risk codes 1a, 4g, 10c. As well as in the erection of skylights in risk codes 1a, 4e, 4f, 5d, 5e, 5f, 5g, 5k, 7h, and 7i. For the causes and control of risks that have been analyzed with the Fishbone Diagram can be seen in CHAPTER IV Subchapter 4.6. Keywords: Risk Analysis, Work Accident, Fishbone Diagram, Likehood Index, Severity Index, Risk Matrix
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Ja'far Amiruddin, S.T., M.T. 2). Dr. Vivian KArim Ladesi, S.T., M.T. |
Subjects: | Manajemen > Manajemen , Business Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan |
Divisions: | FT > S1 Rekayasa Keselamatan Kebakaran |
Depositing User: | Users 20952 not found. |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 02:00 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 02:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43881 |
Actions (login required)
View Item |