PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN PROJEK KREATIF & KEWIRAUSAHAAN SMKN 40 JAKARTA DENGAN METODE MDLC LUTHER-SUTOPO

MUHAMMAD HILMY AZZAMI, . (2024) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN PROJEK KREATIF & KEWIRAUSAHAAN SMKN 40 JAKARTA DENGAN METODE MDLC LUTHER-SUTOPO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah sebuah bidang yang terus berkembang dari masa ke masa dimana dalam suatu zaman ke zaman lainnya akan terejadi sebuah ciri khas pada pendidikan di zaman tersebut. Pada saat ini, pendidikan kerap menggunakan teknologi dalam kegiatan pembelajan termasuk menggunakan media Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Berdasarkan dengan hasil observasi dan wawancara pada kegiatan pembelajaran PKK di SMKN 40 Jakarta terdapat sebuah kekurangan dalam variasi media pembelajaran khususnya pada kelas XI DKV dimana terdapat kekurangan pemanfaatan teknologi digital pada kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu dibuatlah sebuah aplikasi Augmented reality sebagai media ajar tambahan dimana dalam pembuatan aplikasi digunakanlah metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Luther-Sutopo. Pengujian pada aplikasi dilakukan dengan pengujian Black Box dengan hasil aplikasi sudah berjalan dengan semestinya dan pengujian responden dengan System Usability Scale (SUS) dimana dihasilkan skor 70,8 dengan grade B serta tingkat penerimaan “Acceptable”, dan “Excellent” pada adjective rating. Berdasarkan dengan hasil penilaian tersebut, maka aplikasi Augmented Reality sebagai media pembelajaran yang sudah dikembangkan dapat berpotensi untuk menjadi pendukung kegiatan proses belajar mengajar PKK yang terdapat pada kelas XI DKV SMKN 40 Jakarta. Education is a field that constantly evolve from time to time where at one era to another there a distinct characteristic of education from that era. At this time, education often used technology in a learning activities including use of an Augmented Reality system as means of education. From the result of observation and interview from the learning activities on subject PKK in SMKN 40 Jakarta there has been known issues where there isn’t much variety of digital technology usage at their learning activities especially in class XI DKV. Because of that, we create an application based on augmented reality as a suplementary learning media using Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Luther- Sutopo as development method. For application testings we use two method, black box testing to test wheter the application is functioning and using respondent with a system usability testing method where the score that the application get is around 70.8 which mean grad B and acceptance rating of “acceptable” and “excellent” in Adjective rating. From the testing test is concluded that Augmented Reality application as learning media that has been created have potential to support learning proccess at subject PKK on calss XI DKV at SMKN 40 Jakarta. Keywords : Learning Media, Augmented Reality, MDLC Luther-Sutopo, PKK, Application

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Irma Permata Sari, S.Pd., M.Eng. 2). Muchammad Ficky Duskarnaen, S.T.,M.Sc
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 21507 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2024 03:21
Last Modified: 31 Jan 2024 03:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43905

Available Versions of this Item

  • PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN PROJEK KREATIF & KEWIRAUSAHAAN SMKN 40 JAKARTA DENGAN METODE MDLC LUTHER-SUTOPO. (deposited 31 Jan 2024 03:21) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item