PENERAPAN PEMBIASAAN DALAM MENGEMBANGKAN MORAL DAN AGAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL ISTIQLAL JAKARTA

PRISMA DWITYA FATIMAH, . (2020) PENERAPAN PEMBIASAAN DALAM MENGEMBANGKAN MORAL DAN AGAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL ISTIQLAL JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (281kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitin ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembiasaan dalam mengembangkan moral dan agama anak usia 5-6 tahun di RA Istiqlal Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian adalah pendidik anak usia 5-6 tahun dengan melakukan pembiasaan pada kelas B yang terdiri dari 5 kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan persiapan yang digunakan pendidik sebelum menerapkan pembiasaan adalah kurikulum 2013 dan kurikulum Istiqlal itu sendiri, briefing pagi dan pijakan lingkungan setiap harinya. Pelaksanaan pembiasaan yang diterapkan pendidik dalam mengembangkan moral dan agama yaitu melalui pembiasaan rutin yang menjadwalkan kegiatan-kegiatan keagamaan dalam pelaksanaannya seperti beribadah shalat dhuha dan dzuhur, tilawati, talaqi, tadarus dan doa-doa harian. Pembiasaan selanjutnya yaitu pembiasaan spontan yang diberikan pendidik dengan kalimat-kalimat tayyibah dan kalimat tauhid Allah dalam memotivasi, mengapresiasi, dan mengingatkan. Lalu adanya pembiasaan keteladanan yang diberikan pendidik dengan meneladani Rasulullah, nabi-nabi maupun pendidik itu sendiri. Setelah pelaksaan pembiasaan ini pendidik melakukan evaluasi dengan adanya penilaian rating scale, recalling, dan evaluasi seluruh pendidik setiap harinya. Moral agama yang muncul melalui kegiatan pembiasaan ini seperti beribadah, mandiri, disiplin, mengetahu hal baik dan buruk, menaati aturan, berdoa sebelum dan sesudah kegiatan, berani, sabar, berbagi, dan bertanggung jawab. The Application of Habituation in Developing Morals and Religion of Children Ages 5-6 years old at Raudhatul Athfal Istiqlal Jakarta This research aims to describe the application of habituation in developing morals and religions of children aged 5-6 years at RA Istiqlal Jakarta. This study uses descriptive qualitative methods with purposive sampling techniques. The subjects of the study was the educators of children aged 5-6 years in class B consisting of 5 groups. The results of this study indicate that the preparation used by educators before applying habituation is the 2013 curriculum and the Istiqlal curriculum itself, morning briefings and environmental footing every day. Implementation of habituation that is applied by educators in developing morals and religion is through routine habituation that schedules religious activities in its implementation such as dhuha and dzuhur prayers, tilawati, talaqi, tadarus and daily prayers. The next habituation is spontaneous habituation given by educators with tayyibah sentences and tawheed sentences of Allah in motivating, appreciating, and reminding. Then there is the exemplary habituation given by educators by emulating the Messenger of Allah, the prophets and the educator himself. After implementing this habituation, the educator evaluates with the rating scale, recalling, and evaluating all educators every day. Religious morals that arise through habituation activities such as worship, independence, discipline, knowing good and bad things, obeying the rules, praying before and after the activity, brave, patient, sharing, and responsible.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Indah Juniasih, S.Pd, M.Pd. ; 2. Dr. Sofia Hartati,M.Si.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 1017 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2020 22:52
Last Modified: 07 Apr 2020 23:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4396

Actions (login required)

View Item View Item