PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X (AP) SMK MUARA INDONESIA DI JAKARTA TIMUR

YUDHI RAHMADANI, . (2020) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X (AP) SMK MUARA INDONESIA DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PDF COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
PDF BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PDF BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
PDF BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
PDF BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
PDF BAB V.pdf

Download (346kB)
[img] Text
PDF DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] Text
PDF LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Yudhi Rahmadani, 8105154859, Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa SMK Muara Indonesia Jakarta Timur. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Siswa SMK Muara Indonesia. Penelitian ini membutuhkan waktu selama tiga bulan, terhitung dari bulan November 2019 sampai dengan Febuari 2020. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini berjumlah 636 terbagi dari kelas X 171 siswa kelas XI 229 siswa dan kelas XII 236 siswa sedangkan populasi terjangkau pada penelitian ini berjumlah 126 siswa di kelas X OTKP. Berdasarkan pada tabel Isaac dan Michael maka jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 89 responden. Teknik pemilihan responden menggunakan proportional random sampling, yaitu dengan metode pengambilan sampel. Untuk pengolahan data, peneliti mengolah kuesioner dengan menggunakan skala likert. Variabel Prestasi Belajar (Y), Lingkungan Keluarga (X1), dan Minat Belajar (X2) merupakan merupakan data primer yang berbentuk kuesioner penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, pertama uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Hasil uji normalitas untuk variabel Lingkungan Keluarga, Minat Belajar dan Prestasi Belajar tingkat signifikannya ialah 0,200 > 0,05 dimana menandakan data berdistribusi normal. Hasil uji linearitas Lingkungan Keluarga (X1) dengan Prestasi Belajar (Y) adalah 0,253 dan hasil uji linearitas Minat Belajar (X2) dengan Prestasi Belajar (Y) adalah 0,848. Kedua uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil dari uji multikolinearitas adalah nilai Tolerance variable Lingkungan Keluarga (X1) dan Minat Belajar (X2) sebesar 0,675 > 0,1 dan nilai VIF sebesar 1,482 < 10. Ketiga uji regresi linear berganda. Hasil dari uji regresi linear berganda adalah Ŷ = 34,823 + 0,292X1 + 0,229X2. Keempat uji hipotesis yang berisi uji t dan uji F. Hasil uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan Fhitung 34,300 >Ftabel3,10, hal ini berarti secara simultan X1 dan X2 berhubungan dengan Y. Uji t menghasilkan thitung 3,813 > ttabel 1,98827, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Lingkungan Keluarga dan Prestasi Belajar. Kemudian, thitung 3,864 > ttabel 1,98827, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Minat Belajar dan Prestasi Belajar. Uji koefisien determinasi (R²) sebesar 0,444, yaitu masing+masing variabel X1 dan X2 menyumbang pengaruh sebesar 44,4%, kepada Y dan sisanya 55,6%dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Minat Belajar, Prestasi Belajar ABSTRACT Yudhi Rahmadani, 8105154859, The Influence of Family Environment and Interest to Learn on Learning Achievement Student SMK Muara Indonesia Jakarta Timur. Script, Jakarta: Faculty of Economics, State University of Jakarta. 2019. This study aims to determine whether there The Influence of Family Environment and Interest to Learn on Learning Achievement student SMK Muara Indonesia Jakarta Timur . This study took three months, starting from November 2019 to Februray 2020. This research was conducted by using survey method. The population reached in this study amounted to 126 students. Based on the table Isaac and Michael the number of samples in this study as many as 89 respondents. The technique of selecting respondents using proportional random sampling, that is using proportional random method. For data processing, researchers processed the questionnaire by using Likert scale. Learning Achievement Variables (Y), Family Environment (X1), and Interest to Learn (X2) is the primary data in the form of research questionnaires. Data analysis technique used is, first test requirement analysis consisted of test of normality and test of linearity. The result test of normality of Family Environment, Interest on Learning, and Learning Achievement level significant is 0,200 > 0,05. The result test of linearity on Family Environment with Learning Achievement is 0,253. The result test of linearity on Interest to Learn with Learning Achievement is 0,848. The second test classical assumption tests consist of multicolinearity test and heteroscedasticity test. The result test of multicolinearity is tolerance value Family Environment and Interest to Learn is 0,675 > 0,1 and the VIF value is 1,482 < 10. The third multiple linear regression tests. Fourth hypothesis test that contains t test and F test. F test result is f count Fhitung 34,300 > Ftabel 3,10 in this case X1 and X2 varibles simultaniously hasrelationship with Y variable. T test produce X1 t count thitung 3,813 >t tabel1,98827, it means there is positive and significant relationship between X1 with Y. X2 t countthitung 3,864 > ttabel1,98827 it means there is positive and significant relationshipbetween X2 with Y. Based of determination coefficient (R²) test obtained value 0,934 which means Family Environment (X1) and Interest to Learn (X2) have an effect on Learning Achievement (Y) equal to 44,4%and the rest55,6% influenced by other variables that are not researched. Keywords: Family Environment, Interest to Learn, Learning Achievement

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Osly Usman,SE.,Mbus.,Mgt 2). Dr. Nuryetty Zain, MM
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 1348 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2020 09:30
Last Modified: 04 Mar 2020 09:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4401

Actions (login required)

View Item View Item