ANALISIS KUAT PENERANGAN PADA GEDUNG SMK NEGERI 15 JAKARTA BERDASARKAN STANDAR NASIONAL INDONESIA (SNI) MENGGUNAKAN DIALUX 11.1

MUHAMMAD RHEZA RIFALDI PUTRA, . (2024) ANALISIS KUAT PENERANGAN PADA GEDUNG SMK NEGERI 15 JAKARTA BERDASARKAN STANDAR NASIONAL INDONESIA (SNI) MENGGUNAKAN DIALUX 11.1. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kuat penerangan dan hasil simulasi Dialux Evo 11.1 yang sesuai pada ruang kelas, laboraterium, dan perpustakaan SMK Negeri 15 Jakarta berdasarkan SNI-6197-2020, serta membuat simulasi pencahayaan yang sesuai untuk mendapatkan scenario optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Dengan metode deskriptif rekayasa Teknik dengan memanfaatkan dua cara yaitu, pengukuran manual dan simulasi menggunakan Dialux Evo 11.1. Pengukuran manual menggunakan Luxmeter sebagai alat ukur untuk mendapatkan nilai rata rata penerangan pada ruangan kelas, perpustakaan, dan laboratorium berdasarkan SNI 6197-2020. Sedangkan simulasi menggunakan perangkat lunak Dialux Evo 11.1 untuk mengoptimalkan nilai kuat penerangan yang seharusnya digunakan pada ruang kelas, perpustakaan, dan laboratorium. Hasil penelitian menunjukan bahwa kuat penerangan pada ruang kelas, perpustakaan, dan laboratorium masih belum memenuhi standar yang ditentukan. Kemudian peneliti melakukan gabungan skenario desain perbaikan. Skenario mengganti daya lampu dan warna dinding dan menambah tirai kaca pada jendela. Skenario yang paling optimal pada semua ruangan memperoleh persentase optimalisasi 18%-316%. This research aims to determine the illumination intensity and Dialux Evo 11.1 simulation results that comply with SNI-6197-2020 in the classrooms, laboratories, and library of SMK Negeri 15 Jakarta. The goal is also to create suitable lighting simulations to achieve optimal scenarios. The research method employed is descriptive-quantitative, using the descriptive engineering method by utilizing both manual measurements and simulations with Dialux Evo 11.1. Manual measurements involve Luxmeter as a measuring tool to obtain the average illumination values in classrooms, libraries, and laboratories based on SNI 6197-2020. Simulations, on the other hand, utilize Dialux Evo 11.1 software to optimize the illumination intensity values suitable for classrooms, libraries, and laboratories. The research findings indicate that the illumination intensity in classrooms, libraries, and laboratories does not meet the specified standards. The researcher then proposes improvement design scenarios, including changing the lamp power, wall color, and adding glass curtains to windows. The most optimal scenario for all rooms achieves an optimization percentage of 18%-316%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Suyitno, M.Pd. ; 2). Massus Subekti, S.Pd, M.T
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Energi > Energi Listrik
Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Energi
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 21508 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2024 05:28
Last Modified: 01 Feb 2024 05:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44104

Actions (login required)

View Item View Item