PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN PERANGKAT SECARA UNIVERSAL MELALUI WIFI DAN INTERNET OF THINGS.

ZIDAN ASSADULLAH, . (2024) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN PERANGKAT SECARA UNIVERSAL MELALUI WIFI DAN INTERNET OF THINGS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh aplikasi pengawasan dan pengendalian perangkat secara universal melalui wifi dan internet of things sehingga dapat memberikan kontribusi signifikan dalam memfasilitasi pengembangan pengawasan dan pengendalian perangkat yang lebih efektif dan efisien melalui wifi dan internet of things. Langkah awal penelitian ini melibatkan perancangan aplikasi yang mencakup arsitektur sistem dan antarmuka pengguna. Proses pembuatan aplikasi dilakukan dengan mempertimbangkan fungsi utama aplikasi yang mendukung kebutuhan teknisi elektronika atau pengembang internet of things. Pengujian aplikasi dilakukan dengan menggunakan metode blackbox dengan usecase skenario, menghasilkan pemahaman mendalam tentang fungsionalitas dan kinerja aplikasi. Hasil pengujian aplikasi pengawasan dan pengendalian perangkat secara universal melalui wifi dan internet of things menunjukan aplikasi berfungsi sesuai dengan perencanaan dan perancangan. Aplikasi berhasil melakukan kontrol dan monitoring perangkat secara universal. Selain itu, aplikasi dinyatakan telah berfungsi dengan baik adalah dengan melihat hasil pengujian yang didapatkan sesuai dengan kriteria aplikasi. Berdasarkan hasil pengujian koneksi, pengiriman, dan penerimaan data dari atau ke aplikasi melalui wifi dengan rata-rata waktu delay di bawah 150ms maka waktu delay termasuk dalam kategori sangat baik sesuai dengan standard TIPHON. Hasil pengujian delay aplikasi dengan platform IoT terbilang cukup tinggi karena di pengaruhi oleh pembatasan response time untuk layanan ubidots.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Baso Maruddani, M.T ; 2). Dr. Aodah Diamah, S.T, M.Eng ;
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 21114 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2024 05:17
Last Modified: 02 Feb 2024 05:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44181

Actions (login required)

View Item View Item