PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS E-BOOK MATERI PENGOLAHAN KAMERA DSLR UNTUK TEACHING FACTORY MULTIMEDIA SMKN 2 CIKARANG BARAT DENGAN METODE LUTHER-SUTOPO

NAQSYA ADELLA, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS E-BOOK MATERI PENGOLAHAN KAMERA DSLR UNTUK TEACHING FACTORY MULTIMEDIA SMKN 2 CIKARANG BARAT DENGAN METODE LUTHER-SUTOPO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Teaching Factory atau TEFA merupakan kegiatan sekolah yang dijalankan oleh siswa secara bergantian sebulan sekali serta proses pembuatan produk TEFA siswa menggunakan buku panduan atau mencari tutorial secara mandiri melalui internet. Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala jurusan multimedia SMK Negeri 2 Cikarang Barat, dibutuhkan media pembelajaran tambahan yang representatif yaitu media pembelajaran tambahan ini memenuhi kebutuhan yang ada di ruang lingkup pada TEFA Multimedia khususnya pada pengolahan Kamera DSLR yang penggunaanya berperan penting sebagai penunjang kegiatan TEFA dalam bidang jasa layanan produk dalam membuat Pas Foto, Foto Studio dan Foto Dokumentasi. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis E-Book pada materi Pengolahan Kamera DSLR untuk Teaching Factory Multimedia di SMK Negeri 2 Cikarang Barat. Metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Luther-Sutopo yang terdiri dari enam tahap, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Pengujian kelayakan pada produk media pembelajaran ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan hasil pengujian ahli materi 100% yang berada pada kategori “Sangat Layak” dan ahli media dengan tingkat kelayakan 90% yang berada pada kategori “Sangat Layak” serta pengujian terhadap responden yang menggunakan penilaian SUS menghasilkan skor rata-rata sebesar 80,24 dengan grade A, tingkat penerimaan “Acceptable”, dan “Excellent” pada adjective rating. Berdasarkan hasil penilaian ini, produk yang telah dikembangkan dianggap sangat baik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran tambahan untuk proses pembelajaran di TEFA (teaching factory) Multimedia dan juga proses pembelajaran peserta didik kelas 11 jurusan Multimedia pada materi Pengolahan Kamera DSLR di SMK Negeri 2 Cikarang Barat. Kata kunci: Teaching Factory, Multimedia Interaktif, Media pembelajaran, E-book, Kamera DSLR, MDLC Luther-Sutopo ***** Teaching Factory or TEFA is a school activity that is carried out by students alternately once a month and the process of making TEFA products students use a guidebook or search for tutorials independently via the internet. Based on the results of interviews with the head of the multimedia department of SMK Negeri 2 Cikarang Barat, additional representative learning media is needed, namely this additional learning media meets the needs that exist in the scope of TEFA Multimedia, especially in processing DSLR cameras whose use plays an important role in supporting TEFA activities in the field of product services in making Pas Photos, Studio Photos and Documentation Photos. This development research aims to develop E-Book-based interactive learning media on DSLR Camera Processing material for Teaching Factory Multimedia at SMK Negeri 2 Cikarang Barat. The development method used is the Luther-Sutopo Multimedia Development Life Cycle (MDLC) which consists of six stages, namely concept, design, material collecting, assembly, testing, and distribution. Feasibility testing on this learning media product used descriptive analysis technique with 100% material expert testing results which is in the "Very Eligible" category and media experts with a feasibility level of 90% which is in the "Very Eligible" category and testing of respondents used SUS assessment results in an average score of 80.24 with grade A, acceptance level and "Excellent" rating. Based on the results of this assessment, the products that have been developed are considered excellent and worthy to be used as additional learning media for the learning process at TEFA (teaching factory) Multimedia as well as the learning process of 11th class students majoring in Multimedia on DSLR Camera Processing material at SMK Negeri 2 Cikarang Barat. Keywords: Teaching Factory, Interactive Multimedia, Learning Media, E-book, DSLR Camera, MDLC Luther-Sutopo

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). M. Ficky Duskarnaen, S.T., M.Sc ; 2). Murien Nugraheni, S.T., M.Cs.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 21787 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2024 05:32
Last Modified: 02 Feb 2024 05:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44230

Actions (login required)

View Item View Item