PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL MATERI PERHITUNGAN VOLUME PEKERJAAN BANGUNAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI DPIB DI SMKN 6 BEKASI

SONIA JUNITHA, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL MATERI PERHITUNGAN VOLUME PEKERJAAN BANGUNAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI DPIB DI SMKN 6 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (572kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sonia Junitha, Lenggogeni, MT., Dr. Santoso Sri Handoyo, MT. (2024). “Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Materi Perhitungan Volume Pekerjaan Bangunan Untuk Peserta Didik Kelas XI DPIB di SMKN 6 Bekasi”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video tutorial materi perhitungan volume pekerjaan untuk para peserta didik kelas 11 DPIB yang sedang mengerjakan tugas besar mata pelajaran estimasi biaya konstruksi. Video tutorial terdiri dari 15 video yang berfungsi untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi dan dapat menyelesaikan tugas besar tepat waktu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D (4D-Models) yang terdiri atas empat tahapan, yaitu define, design, development, dan disseminate. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan lembar instrumen penilaian kelayakan produk menggunakan skala likert melalui validasi dari 2 ahli materi dan 2 ahli media. Jika video sudah melalui penilaian ahli dan sudah di revisi, lalu video diuji efektivitasnya secara terbatas kepada pengguna yang terdiri atas 10 peserta didik. Berdasarkan hasil validasi media video tutorial oleh ahli materi diperoleh persentase rata-rata skor sebesar 86,43% dengan kategori sangat layak, hasil validasi media video animasi oleh ahli media diperoleh persentase rata-rata skor sebesar 87% dengan kategori sangat layak. Hasil uji efektivitas uji coba terbatas diperoleh rata-rata skor sebesar 0,682 dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media video tutorial pengembangan video tutorial berhasil dilakukan karena telah mendapat nilai yang sangat layak dari para validator ahli dan mendapat nilai efektivitas yang tinggi. Kata Kunci: Video Pembelajaran, Video Tutorial, Materi Perhitungan Volume Pekerjaan, Model 4D. This research aims to develop learning media for tutorial videos for calculation of building volume for class XI DPIB Students who are doing the assignment for estimating construction costs subjects. The video tutorial consists of 15 videos for the purpose to make it easier for students to understand the material and be able to complete the assignments on time. The method used in this research is Research and Development (R&D). The development model used is the 4D development model (4D-Models) which consists of four stages, namely define, design, develop, and disseminate. The data collection technique was carried out by distributing product feasibility assessment instrument sheets using a likert scale through validation from 2 subject experts and 2 media experts. If the video has gone through expert assessment and has been revised, then the video is tested for effectiveness on a limited basis to users consisting of 10 students. Based on the results of the validation of tutorial videos by subject experts, an average percentage score of 86.43% was obtained with a very worthy category, the results of the validation of animated video media by media experts obtained an average percentage score of 87% with a very worthy category. The results of the limited trial effectiveness test obtained an average score of 0.682 with a high category. So it can be concluded that the development of tutorial videos has been successfully carried out because it has received a very decent value from expert validators and received a high effectiveness value. Keywords: Learning Video, Tutorial Video, Calculation of Building Volume, 4DModels

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Lenggogeni, M.T. ; 3). Dr. Santoso Sri Handoyo, M.T.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Sonia Junitha .
Date Deposited: 02 Feb 2024 05:57
Last Modified: 02 Feb 2024 05:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44253

Actions (login required)

View Item View Item