MODEL BELAJAR LARI SPRINT UNTUK MAHASISWA

SUUTISWO, . (2024) MODEL BELAJAR LARI SPRINT UNTUK MAHASISWA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (709kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model dan menguji efektivitas model belajar keterampilan lari sprint untuk mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) dari Borg and Gall dengan desain penelitian yang diterapkan adalah menggunakan pretest-posttest control group design. Subjek yang terlibat selama penelitian ini adalah mahasiswa olahraga terdiri dari empat perguruan tinggi, yaitu STKIP Pasundan, Universitas Mandiri Subang, Universitas Majalengka, dan Universitas Singaperbangsa Karawang. Jumlah subjek pada saat uji kelompok kecil sebanyak 29 orang dan pada saat uji kelompok besar sebanyak 98 orang. Untuk uji efektivitas jumlah subjek yang terlibat sebanyak 68 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes keterampilan lari sprint. Untuk jumlah item model ada sebanyak 30 aktivitas. Kemudian 30 item model tersebut dianalisa oleh 3 pakar (uji ahli), dan dari ketiga pakar tersebut menilai bahwa semua model tersebut sudah layak, namun ada beberapa item yang butuh penyempurnaan saja. Dari hasil uji kelompok kecil hampir seluruh aktivitas/tugas gerak pada model belajar keterampilan lari sprint untuk mahasiswa ini dapat dilakukan, namun ada beberapa aktivitas/tugas gerak yang harus direvisi. Kemudian pada uji kelompok besar didapat data bahwa model belajar keterampilan lari sprint untuk mahasiswa ini sudah dapat digunakan untuk skala yang lebih luas dan dapat juga diterapkan pada mata kuliah pembelajaran atletik. Kemudian berdasarkan hasil uji efektivitas melalui analisis independent sample t-test didapat skor t hitung = 2,064, df = 66 dan skor p-value atau sig. (2-tailed) = 0,043 < 0,05. Artinya adalah bahwa terdapat perbedaan hasil tes keterampilan lari sprint antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa: 1) Produk pengembangan model belajar keterampilan lari sprint untuk mahasiswa ini layak dan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah pembelajaran atletik, 2) Produk pengembangan model beajar keterampilan lari sprint untuk mahasiswa ini efektif untuk meningkatkan keterampilan lari sprint mahasiswa. Kata Kunci: Belajar Keterampilan, Sprint The purpose of this study was to produce model and test the effectiveness of sprint skills learning models for college students. The research method used is the research and development method (research and development) from Borg and Gall with the research design applied is using pretest-posttest control group design. The subjects involved during this study were sports students consisting of four universities, namely STKIP Pasundan, Mandiri Subang University, Majalengka University, and Singaperbangsa Karawang University. The number of subjects during the small group test was 29 people and at the time of the large group test as many as 98 people. To test the effectiveness of the number of subjects involved as many as 68 people. The instrument in this study is a test of sprint running skills.. For the number of model items there are as many as 30 activities. Then the 30 items of the model were analyzed by 3 experts (expert tests), and from the three experts judged that the model was feasible, but there were some items that needed improvement only. From the results of small group tests, almost all movement activities/tasks in the sprint running skills learning model for students can be done, but there are some motion activities/tasks that must be revised. Then in the large group test, data was obtained that the sprint skills learning model for students can already be used on a wider scale and can also be applied to athletic learning courses. Then based on the results of the effectiveness test through independent sample t-test analysis, a calculated t score = 2.064, df = 66 and a p-value or sig score were obtained. (2-tailed) = 0.043 < 0.05. What this means is that there are differences in sprint skills test results between the experimental group and the control group. The results of the data analysis concluded that: 1) The product of developing a sprint running skills learning model for students is feasible and can be applied in the learning process in athletic learning courses, 2) This sprint running skills teaching model development product for students is effective for improving students' sprint running skills. Keywords: Learning Skills, Sprint

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Widiastuti, M.Pd 2. Dr. Fahmi Fachrezzy. M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 21334 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2024 05:16
Last Modified: 02 Feb 2024 05:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44270

Actions (login required)

View Item View Item