ANALISIS KUAT PENERANGAN PADA RUANG KELAS DAN RUANG PRAKTIK SMKN 55 JAKARTA MENGGUNAKAN SOFTWARE DIALUX EVO 11.1

MUHAMMAD RAIHAN, . (2023) ANALISIS KUAT PENERANGAN PADA RUANG KELAS DAN RUANG PRAKTIK SMKN 55 JAKARTA MENGGUNAKAN SOFTWARE DIALUX EVO 11.1. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kuat penerangan yang cocok untuk ruang kelas dan ruang praktik SMKN 55 Jakarta. Karena dalam pembangunan sebuah gedung, masih banyak teknisi yang belum mengikuti aturan yang telah ditetapkan untuk penerangan yang tepat di ruang kelas dan ruang praktik. Akibat dari kelalaian ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna bangunan, seperti membuat mata lelah dan mengakibatkan seseorang kurang fokus dalam melakukan pekerjaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dengan memanfaatkan tiga fase yaitu pengukuran manual, perhitungan manual dan simulasi Dialux Evo 11.1. Pengukuran manual menggunakan luxmeter sebagai alat ukur untuk mendapatkan nilai kekuatan penerangan yang terukur di ruang kelas dan ruang praktik berdasarkan Standar SNI. Perhitungan manual menggunakan metode perhitungan sesuai SNI. Simulasi menggunakan Software Dialux Evo 11.1 untuk mengoptimalkan nilai pencahayaan yang kuat yang seharusnya digunakan di ruang kelas dan ruang latihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pencahayaan yang kuat yang dihasilkan di ruang kelas dan ruang praktik masih belum memenuhi standar yang ditentukan. Peneliti melakukan 4 skenario desain perbaikan. Desain skenario pertama perbaikan perubahan daya lampu diperoleh persentase optimasi rata-rata 71% dan 134%, pada skenario kedua perubahan titik cahaya dengan daya asli diperoleh persentase optimasi 0% sampai 262%, pada skenario ketiga titik cahaya ditambah perubahan karakter dinding diperoleh persentase optimasi 1% sampai 64%. Dalam skenario 4, kombinasi skenario adalah mengubah titik, meningkatkan daya dan mengubah karakter dinding. Sehingga dapat disimpulkan bahwa skenario 3 yang dilakukan untuk optimasi diperoleh beberapa hasil pencahayaan yang kuat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan di ruang kelas dan ruang praktik. Kata kunci: efektivitas, pencahayaan, pengukuran, perhitungan, simulasi Dialux Evo 11.1 ***** This research aims to produce strong lighting suitable for classrooms and practice rooms of SMKN 55 Jakarta. Because in the construction of a building, there are still many technicians who have not followed the established rules for proper lighting in classrooms and practice rooms. As a result of this negligence can cause discomfort to building users, such as making eyes tired and resulting in someone less focused in doing work. This research uses a quantitative approach with descriptive engineering methods by utilizing three phases, namely manual measurement, manual calculation and simulation of Dialux Evo 11.1. Manual measurement uses a luxmeter as a measuring instrument to obtain measurable illumination strength values in classrooms and practice rooms based on SNI Standards. Manual calculation using the calculation method according to SNI. The simulation uses Dialux Evo 11.1 Software to optimize the strong lighting values that should be used in classrooms and practice rooms. The results showed that the value of strong lighting produced in classrooms and practice rooms still did not meet the specified standards. Researchers conducted 4 repair design scenarios. The design of the first scenario of improving the change in lamp power obtained an average optimization percentage of 71% and 134%, in the second scenario of changing the light point with the original power obtained an optimization percentage of 0% to 262%, in the third scenario of light points plus changes in wall character obtained an optimization percentage of 1% to 64%. In scenario 4, the combination of scenarios is to change the point, increase the power and change the character of the wall. So it can be concluded that scenario 3 carried out for optimization obtained some strong lighting results that are in accordance with the standards that have been set in classrooms and practice rooms. Keywords: effectiveness, lighting, measurement, calculation, simulation Dialux Evo 11.1

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Suyitno, M.Pd. ; 2). Massus Subekti, S.Pd., M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Energi > Energi Listrik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 21204 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2024 01:42
Last Modified: 05 Feb 2024 01:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44306

Actions (login required)

View Item View Item