ANALISA INTENSITAS CAHAYA PADA RUANG KELAS DAN RUANG PRAKTIKUM SMK KARYA GUNA JAKARTA MENGGUNAKAN DIALUX EVO 12.0

YOLANDA DWI ALPIANTININGSIH, . (2024) ANALISA INTENSITAS CAHAYA PADA RUANG KELAS DAN RUANG PRAKTIKUM SMK KARYA GUNA JAKARTA MENGGUNAKAN DIALUX EVO 12.0. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (65kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas pencahayaan yang sesuai pada ruang kelas dan ruang praktik yang berada di lingkungan Gedung Sekolah SMK Karya Guna Jakarta berdasarkan acuan pada Standar SNI 6197-2020. Pasalnya, dalam pembangunan suatu gedung bertingkat, masih banyak teknisi yang belum menaati aturan yang telah ditetapkan terkait intensitas pencahayaan pada ruang kelas dan ruang praktik dengan baik. Pengaruhnya dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi para penghuni ruangan, seperti ketegangan mata atau menurunnya tingkat konsentrasi seseorang dalam melakukan suatu kegiatan didalamnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Dengan metode deskriptif memanfaatkan dua fase yaitu pengukuran manual dan simulasi menggunakan bantuan perangkat lunak Dialux Evo 12.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai intensitas pencahayaan yang dihasilkan pada ruang kelas dan ruang praktik masih belum memenuhi standar yang ditentukan. Faktor kurangnya pencahayaan pada ruang praktik SMK Karya Guna Jakarta disebabkan oleh yang pertama yaitu; 1) Posisi ruangan pada ruang praktikum yang berada di lantai 1 dan berada di pojok bangunan sekolah, 2) Lampu yang digunakan memiliki lumen yang rendah dan belum sesuai standar pencahayaan pada ruang praktik sehingga membuat mata bekerja lebih lelah dikarenakan pencahayaan yang rendah didalam ruangan. Pada ruang kelas disebabkan oleh yang pertama yaitu; 1) 2 dari 4 lampu yang ada di setiap kelas tidak berfungsi, 2) Pemasangan kanopi yang berada di atas lapangan ditengah koridor antara deretan ruang kelas 01-06 dan ruang kelas 13-18 yang menghalang cahaya untuk masuk kedalam ruangan, 3) Lampu yang digunakan memiliki lumen yang rendah dan belum sesuai standar pencahayaan pada ruang praktik sehingga membuat mata bekerja lebih lelah dikarenakan pencahayaan yang rendah didalam ruangan. Perbedaan hasil pengukuran manual menggunakan Lux meter dan desain simulasi menggunakan perangkat lunak Dialux Evo 12.0 memiliki presentase hasil selisih yang berbeda dengan hasil terendah sebesar 1% dan hasil tertinggi sebesar 43%. Desain perbaikan yang dihasilkan pada ruang kelas dan ruang praktik memperoleh presentase selisih dengan hasil terendah yang didapat yaitu 31% pada ruang kelas 21 saat waktu pagi hari dan presentase selisih dengan hasil tertinggi yang didapat yaitu 86% pada ruang praktik jurusan TITL saat waktu pagi dan siang hari. Kata Kunci : Intensitas Cahaya, Pengukuran, Sinar Cahaya Matahari, SMK Karya Guna Jakarta, Simulasi Dialux Evo 12.0, SNI 6197-2020. This research aims to determine the appropriate lighting intensity in classrooms and practice rooms within the SMK Karya Guna Jakarta School Building based on reference to the SNI 6197-2020 Standard. The reason is, in the construction of a multi-storey building, there are still many technicians who do not properly comply with the rules that have been set regarding the intensity of lighting in classrooms and practice rooms. The effect can cause discomfort for the occupants of the room, such as eye strain or a decrease in a person's level of concentration when carrying out an activity there. The method used in this research is quantitative descriptive. The descriptive method utilizes two phases, namely manual measurement and simulation using Dialux Evo 12.0 software. The research results show that the lighting intensity values produced in classrooms and practice rooms still do not meet the specified standards. The lack of lighting in the practice room at SMK Karya Guna Jakarta is caused by the first factor, namely; 1) The position of the room in the practicum room is on the 1st floor and is in the corner of the school building, 2) The lights used have low lumens and do not meet lighting standards in the practice room, making the eyes work more tired due to the low lighting in the room. In the classroom it is caused by the first, namely; 1) 2 of the 4 lights in each class are not functioning, 2) Installation of a canopy over the field in the middle of the corridor between the rows of classrooms 01-06 and classrooms 13-18 which prevents light from entering the room, 3) The lights are used has low lumens and does not meet the lighting standards in the practice room so that it makes the eyes work more tired due to the low lighting in the room. The difference between manual measurement results using Lux meter and simulation design using Dialux Evo 12.0 software has a different percentage of difference results with the lowest result being 1% and the highest result being 43%. The improvement designs produced in classrooms and practice rooms obtained a percentage difference with the lowest results obtained, namely 31% in classroom 21 in the morning and the percentage difference with the highest results obtained, namely 86% in the TITL department practice room in the morning and afternoon. Keywords: Light Intensity, Measurement, Sunlight Rays, Karya Guna Jakarta Vocational School, Dialux Evo 12.0 Simulation, SNI 6197-2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Readysal Monantun, M.Pd. ; 2). Dr. Faried Wadjdji, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Energi > Energi Listrik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 21573 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:06
Last Modified: 05 Feb 2024 02:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44331

Actions (login required)

View Item View Item