PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAME PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) KELAS IV SEKOLAH DASAR

ATIKAH PRATAMI, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAME PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (302kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini memiliki tujuan untuk dapat menghasilkan media pembelajaran yaitu board game sebagai penunjang dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) tepatnya pada materi Gaya di Sekitar Kita yang terdapat pada bab tiga. Media ini diharapkan akan meningkatkan semangat belajar siswa dengan tampilannya yang menarik serta perpaduan warna yang cukup menarik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 peserta didik kelas IV-A SDN Mekarjaya 11 Depok. Jenis metode yang digunakan untuk mengembangkan media board game adalah model ADDIE, yang terdiri atas 5 langkah yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan kuesioner. Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk media pembelajaran board game ‘Ketahuan!’ untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Untuk mendapatkan saran mengenai kelayakan media, dilakukannya validasi kepada tiga ahli yaitu ahli bahasa, ahli media dan ahli materi dengan hasil skor rata-rata yaitu 85,44% dengan kategori sangat baik. Uji coba selanjutnya kepada peserta didik melalui tiga tahap yang berbeda jumlah peserta didiknya, tahapannya yaitu one to one, small group dan field test menghasilkan skor rata-rata sebesar 96,75% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari validasi kepada para ahli dan uji coba kepada peserta didik kelas IV-A maka board game ‘Ketahuan!’ layak digunakan untuk peserta didik dalam kegiatan belajar IPAS kelas 4 Sekolah Dasar. ***** This research and development aims to produce learning media, namely board games, as a support for learning Natural and Social Sciences (IPAS), specifically the Styles Around Us material contained in chapter three. It is hoped that this media will increase students' enthusiasm for learning with its attractive appearance and interesting color combination. The sample in this study consisted of 31 students in class IV-A at SDN Mekarjaya 11 Depok. The type of method used to develop board game media is the ADDIE model, which consists of 5 steps, namely analysis, planning, development, implementation and evaluation. Data collection techniques in this research are observation, interviews and questionnaires. This development research resulted in a board game learning media product 'Ketahuan!' for grade 4 elementary school students. To get advice regarding the suitability of the media, validation was carried out with three experts, namely language experts, media experts and material experts with an average score of 85.44% in the very good category. The next trial on students went through three stages with different numbers of students, the stages namely one to one, small group and field test resulting in an average score of 96.75% in the very good category. Based on the results obtained from validation with experts and trials with class IV-A students, the board game 'Ketahuan!' is suitable for use by students in grade IV elementary school science and science learning activities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd. ; 2.) Drs. Julius Sagita, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 20974 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2024 00:01
Last Modified: 06 Feb 2024 00:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44429

Actions (login required)

View Item View Item