MCLEAN HY, . (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MENULIS ESAI BAHASA INGGRIS BERBASIS TPACK. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01 COVER.pdf Download (744kB) |
|
Text
02 BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
03 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
04 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (961kB) | Request a copy |
|
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (935kB) | Request a copy |
|
Text
06 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Teknologi kini bagian integral dari Pendidikan. Penggunaan teknologi menjadi potensi besar untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran tidak hanya di dalam kelas tetapi juga di luar kelas, menjadikan pendidikan dapat diakses melalui dunia maya. Pembelajaran pada era digital menuntut dunia pendidikan beradaptasi cepat dengan penggunaan integrasi teknologi dengan aspek pedagogik dan konten atau materi. penelitian ini menginvestigasi Bagaimanakah pengembangan model pembelajaran menulis esai Bahasa Inggris berbasis TPACK di Universitas Lakidende. Adapun tujuan dari penelitian ini meliputi 1) menganalisis kebutuhan model pembelajaran untuk mahasiswa dan dosen mata kuliah Writing di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Lakidende; 2)merancang pengembangan model pembelajaran menulis Esai sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan dosen di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Lakidende; 3) Menerapkan model pembelajaran menulis Esai berbasis TPACK yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli pakar; 4) Melakukan kelayakan dan efektifitas pengembangan model pembelajaran menulis Esai berbasis TPACK yang dikembangkan untuk mahasiswa dan dosen di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan design ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Lakidende. Data diperoleh melalui wawancara, kuesioner, tes dan observasi, untuk mengetahui kelayakan dari model model pembelajaran menulis esai Bahasa Inggris berbasis TPACK dilakukan beberapa tahapan penilaian. Penilaian yang dilakukan yaitu uji pakar, ujicoba satu-satu, ujicoba kelompok kecil, dan uji efektivitas model pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil validasi pakar menunjukan bahwa model pembelajaran Bahasa Inggris memenuhi indikator. Nilai yang diperoleh hasil validasi isi materi (88,8%), validasi kebahasaan (91,5%) dan validasi desain pembelajaran (96,25%) masuk dalam kategori sangat baik. Selanjutnya hasil ujicoba dilakukan pada uji satu-satu (90,6), uji kelompok kecil (89,6), dan uji efektifitas model pembelajaran dengan melakukan pre tes dan post tes. Dengan demikian, model pembelajaran menulis esai Bahasa Inggris berbasis TPACK dapat digunakan sebagai model pembelajaran dalam mata kuliah menulis esai melalui e-learning untuk meningkatkan kemampuan menulis esai Bahasa Inggris di Universitas Lakidende. Kata Kunci: TPACK, Menulis Esai, E-Learning Education has become inseparable from technology, presenting significant opportunities to improve both teaching and learning, extending beyond the traditional classroom setting and enabling access to education through the digital realm. In the digital era, learning demands the education world to quickly adapt to the integration of technology with pedagogical aspects and content or materials. This research investigates the development of a model for teaching English essay writing based on TPACK at Lakidende University. The objectives of this research include: 1) Analyzing the teaching materials needs for students and lecturers of Writing courses in the English Education Study Program at Lakidende University; 2) designing the development of essay writing teaching materials according to the needs of students and lecturers in the English Education Study Program at Lakidende University; 3) Implementing TPACK-based essay writing teaching materials developed based on expert assessment; 4) Assessing the feasibility and effectiveness of the development of TPACK-based essay writing teaching materials developed for students and lecturers in the English Education Study Program at Lakidende University. This research employs the Research and Development (R&D) approach with the ADDIE design. The research is conducted at Lakidende University. Data is obtained through interviews, questionnaires, tests, and observations, to determine the feasibility of the English essay writing teaching model based on TPACK, several stages of assessment are carried out. The assessments include expert evaluation, one-on-one trials, small group trials, and testing the effectiveness of the teaching model. The research results obtained from expert validation indicate that the English teaching materials meet the indicators. The validation scores for content (88.8%), language (91.5%), and instructional design (96.25%) fall into the category of very good. Furthermore, the trial results are conducted through one-on-one testing (90.6), small group testing (89.6), and effectiveness testing of teaching materials by conducting pre-tests and post-tests. Thus, the TPACK-based English essay writing teaching model can be used as a teaching material in essay writing courses through e-learning to enhance English essay writing skills at Lakidende University. Keywords: TPACK, Essay Writing, E-Learning
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd 2). Prof. Dr. Herlina, M.Pd |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris Bahasa dan Kesusastraan > Sistem Tulisan dalam Bahasa Inggris |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan |
Depositing User: | Users 21898 not found. |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 04:42 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 04:42 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44435 |
Actions (login required)
View Item |