PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BIOTECHNOLOGY DENGAN FLIPPED CLASSROOM DAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK SISWA KELAS X DI SMA BOGOR RAYA

AZIZAH, . (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BIOTECHNOLOGY DENGAN FLIPPED CLASSROOM DAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK SISWA KELAS X DI SMA BOGOR RAYA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (956kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (312kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran yang menggabungkan kelas terbalik dan siklus pembelajaran 5E untuk pembelajaran Bioteknologi. Model ini dilatarbelakangi untuk mengatasi kebutuhan pembelajaran Biologi di kelas X di SMA Bogor Raya. Prosedur penelitian dalam studi ini adalah pendefinisian, perancangan, dan pengembangan model pembelajaran berdasarkan Model Holistik 4D yang dikembangkan oleh Reigeluth & An (2020). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi pembelajaran, termasuk wawancara, kuesioner, observasi, dan studi dokumen. Temuan penelitian pada tahap pengembangan, meliputi evaluasi formatif yang dilakukan oleh ahli mata pelajaran, ahli media pembelajaran, ahli pembelajaran, percobaan individu, percobaan kelompok kecil, dan percobaan operasional, menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan memenuhi syarat untuk diimplementasikan. Nilai N-gain sebesar 0,652 menunjukkan bahwa model pembelajaran efektif pada tingkat menengah dalam meningkatkan pencapaian belajar siswa. Temuan ini akan sangat meningkatkan proses pembelajaran Biologi di kelas X di SMA Bogor Raya. ********** The aim of this research is to develop a learning model that combines flipped classroom and the 5E learning cycle for Biotechnology education. This model is designed to address the learning needs of Biology in the tenth grade at SMA Bogor Raya. The research procedures in this study include define, design, and development of the learning model based on the Holistic 4D Model developed by Reigeluth & An (2020). Data collection involves learning observation, including interviews, questionnaires, observations, and document studies. Research findings in the development stage, including formative evaluation by subject matter experts, instructional media experts, learning experts, individual trials, small group trials, and operational trials, indicate that the developed learning model is qualified for implementation. The N-gain value of 0.652 suggests that the learning model is effective at the intermediate level in improving student learning achievements. These findings are expected to significantly enhance the Biology learning process in the tenth grade at SMA Bogor Raya.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd. ; 2). Dr. R.A. Murti Kusuma Wirasti, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 21872 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2024 00:55
Last Modified: 06 Feb 2024 00:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44449

Actions (login required)

View Item View Item