DINDA ANGGARETA, . (2024) STUDI KASUS POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BERPAKAIAN PADA ANAK TUNANETRA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (261kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (936kB) | Request a copy |
Abstract
Hal yang paling mendasar dalam kehidupan sehari-hari yang dilakukan oleh setiap individual secara mandiri adalah kemampuan merawat diri sendiri. Bina diri (activity daily living). sangatlah penting dikarenakan kemampuan ini perlu diajarkan sedini mungkin. Namun banyak ditemukan anak dengan ketunanetraan dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari dibantu oleh orang lain. Penelitian ini menelaah pola asuh orangtua dan kemandirian anak tunanetra. Permasalahan dalam penelitian adalah apakah ada hubungan antara pola asuh orangtua dan kemandirian anak. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh pola asuh orangtua terhadap kemandirian anak tunanetra. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengungkap kondisi faktual tentang peran orangtua dalam mendiidk anak, metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian dilakukan pada satu keluarga yang menunjukan pola asuh permisif dalam mendidik anak dengan keterlibatan orangtua yang mendalam di kegiatan sehari hari anak. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa pola asuh yang diadopsi oleh orangtua sangat berpengaruh terhadap kemandirian anak. ***** The most fundamental aspect of daily life carried out independently by each individual is the ability to take care of oneself, known as "activity daily living" (ADL). This ability is crucial because it needs to be taught as early as possible. However, it is often observed that children with visual impairments require assistance from others in performing their daily activities. This research examines the parenting styles and independence of visually impaired children. The research question revolves around whether there is a correlation between parenting styles and the independence of the child. The objective of this research is to explore the influence of parenting styles on the independence of visually impaired children. This study employs a qualitative research design with a case study approach to uncover the factual conditions regarding the role of parents in raising a visually impaired child. The methods used for data collection include observation, interviews, and documentation. The research subjects are a single family demonstrating a permissive parenting style, with deep parental involvement in the child's daily activities. The findings of this research prove that the parenting style adopted by parents significantly influences the independence of the child.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Marja, M.Pd. ; 2). Dr. Irah Kasirah, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 21577 not found. |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 00:41 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 00:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44487 |
Actions (login required)
View Item |