Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Berbasis Aplikasi Building Information Modeling (BIM) Pada Instalasi Air di SMKN Jakarta

Diana Sulistiawati, . (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Berbasis Aplikasi Building Information Modeling (BIM) Pada Instalasi Air di SMKN Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video tutorial dengan menggunakan aplikasi berbasis BIM, pengembangan media pembelajaran dibuat untuk mempermudah siswa dalam mengaplikasikan materi menjadi bentuk gambar 3D. Pembelajaran ini diterapkan pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung dengan materi yang dipilih instalasi air. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and development (RnD) dengan model pengembangan 4D. Media pembelajaran video tutorial yang sudah dibuat akan diuji validasi dan kelayakan oleh 3 ahli yaitu ahli materi, ahli desain dan ahli bahasa setelah itu akan di uji coba pada 2 sekolah dengan 32 siswa kelas XII SMKN 35 Jakarta dan 34 siswa kelas XII SMKN 58 Jakarta pada program keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB). Setelah diuji coba siswa akan mengisi angket dengan skala likert dan akan dianalisis dengan menggunakan rumus Aiken’s V. Mendapatkan nilai validasi dengan rata-rata nilai 0,8 ahli materi, 0,77 ahli desain, 0,84 ahli bahasa. Dan hasil kelayakan 82,6% ahli materi, 76,5% ahli desain, 84,44% ahli bahasa dapat diartikan bahwa dari nilai tersebut media pembelajaran video tutorial valid dan layak untuk digunakan. Dilakukan penilaian uji t untuk mengetahui perbandingan dari sebelum perlakukan dan setelah perlakukan kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran video tutorial t_hitung > t_tabel sama dengan 16,972 > 1,997 sehingga dapat dikatakan bahwa H_0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan atau peningkatan dari sebelum penggunaan media pembelajaran video tutorial dan setelah menggunakan media pembelajaran video tutorial. ***** This study aims to develop video tutorial learning media using BIM-based applications, the development of learning media is made to make it easier for students to apply the material into 3D images. This learning is applied to the subjects of Building Construction and Utilities with selected material water installation. The research method used is Research and development (RnD) with a 4D development model. The video tutorial learning media that has been made will be tested for validation and feasibility by 3 experts, namely material experts, design experts and linguists after that it will be tested in 2 schools with 32 grade XII students of SMKN 35 Jakarta and 34 students of grade XII SMKN 58 Jakarta in the Building Modeling and Information Design (DPIB) expertise program. After being tested, students will fill out a questionnaire with a Likert scale and will be analyzed using Aiken's V formula. Get validation scores with an average score of 0.8 material experts, 0.77 design experts, 0.84 linguists. And the feasibility results of 82.6% material experts, 76.5% design experts, 84.44% linguists can be interpreted that from these values the video tutorial learning media is valid and feasible to use. A t test assessment was carried out to determine the comparison from before and after treating learning activities using video tutorial learning media t_tabel > t_hitung equal to 16,972 > 1,997 so that H_0 can be said that it is rejected which means there is a difference or increase from before the use of video tutorial learning media and after using video tutorial learning media

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Riyan Arthur, M.Pd ; 2). R. Eka Murtinugraha, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Sipil
Depositing User: Diana Sulistiawati .
Date Deposited: 05 Feb 2024 23:54
Last Modified: 05 Feb 2024 23:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44492

Actions (login required)

View Item View Item