PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN STRUKTUR BANGUNAN TAHAN GEMPA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

YUWITA NOVYANTI, . (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN STRUKTUR BANGUNAN TAHAN GEMPA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB 1 (1).pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB 2 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (263kB)
[img] Text
LAMPIRAN (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan siswa yang harus sigap dalam situasi apapun termasuk ketika bencana terjadi. Salah satu bencana yang sering terjadi adalah gempa bumi. Siswa SMK dengan program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan merupakan program keahlian yang lulusannya dapat melakukan pekerjaan sebagai juru gambar dalam pekerjaan perencanaan dan pelaksanaan bangunan. Hal ini ditunjang dengan pengetahuan yang harus dimiliki siswa SMK tersebut terkait meminimalisir efek yang ditimbulkan bencana gempa bumi terhadap rumah tinggal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku suplemen struktur bangunan tahan gempa yang bisa diterapkan pada mata pelajaran Dasar Program Keahlian. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) Buku suplemen gambar konstruksi bangunan rumah tinggal tahan gempa 2) Validitas buku suplemen dinyatakan valid pada aspek materi dengan nilai 0.83>0.67, aspek media dengan nilai 0.87>0.67, dan aspek bahasa dengan nilai 0.83>0.67 3) Praktikalitas buku suplemen, berdasarkan respon siswa dinyatakan praktis dengan nilai 75% dan berdasarkan respon guru dinyatakan praktis dengan nilai 81% 4) Buku suplemen gambar konstruksi bangunan rumah tinggal tahan gempa dinyatakan efektif dapat meningkatkan pengetahuan siswa terlihat dari hasil belajarnya. Kata kunci: Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Siswa Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB), Bencana gempa bumi, Buku Suplemen, Research and Development (R & D). Vocational High School (SMK) students are individuals who must be alert in any situation, including during disasters. One of the frequently occurring disasters is earthquakes. SMK students specializing in Building Design and Information Modeling are part of a program where graduates can work as draftsmen involved in the planning and execution of building projects. This expertise is supported by the knowledge these SMK students should possess regarding minimizing the effects of earthquakes on residential structures. This research aims to develop a supplementary book on earthquake-resistant building structures that can be applied in the Basic Expertise Program subjects. The research method used is the Research and Development (R & D) approach with the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The results obtained from this study are as follows: A supplementary book containing construction drawings for earthquake-resistant residential buildings. The validity of the supplementary book, which is declared valid in terms of material (with a value of 0.83>0.67), media (with a value of 0.87>0.67), and language (with a value of 0.83>0.67) aspects. The practicality of the supplementary book, as indicated by student responses (75%) and teacher responses (81%). The supplementary book of construction drawings for earthquake-resistant residential buildings is declared effective in improving students' knowledge as evidenced by their learning outcomes. Keywords: Vocational High School (SMK), Building Design and Information Modeling (DPIB) students, Earthquake disaster, Supplementary Book, Research and Development (R&D).

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1. Prof.Dr.Henita Rahmayanti,M.Si. 2. Dr.Irika Widiasanti, M.T.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 21768 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:07
Last Modified: 07 Feb 2024 02:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44510

Actions (login required)

View Item View Item