EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SELF-HELP BOOK 'BERDIALOG DENGAN SEPI' MENGGUNAKAN TEKNIK MENULIS CERITA UNTUK MENGATASI KESEPIAN PADA REMAJA

FAIRISHAL THAHIR AHMAD, . (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SELF-HELP BOOK 'BERDIALOG DENGAN SEPI' MENGGUNAKAN TEKNIK MENULIS CERITA UNTUK MENGATASI KESEPIAN PADA REMAJA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penggunaan self-help book ‘Berdialog dengan Sepi’ menggunakan teknik menulis cerita yang dikembangkan oleh Rina Fitriana untuk mengatasi kesepian remaja. Penelitian lanjutan ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design pre-test and post-test. Sampel peneliti adalah siswa kelas X SMA 5 Muhammadiyah Jakarta dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen UCLA Loneliness Scale Ver.3 untuk mengukur tes kesepian sebelum dan sesudah intervensi. Dalam penelitian ini terdapat 2 kelompok yang terdiri dari 5 siswa dalam kelompok eksperimen dan 5 siswa dalam kelompok kontrol. Terjadi penurunan tingkat kesepian pada 5 siswa yang berada dalam kelompok eksperimen, 4 siswa mengalami penurunan tingkat kesepian yang signifikan dan 1 siswa mengalami penurunan tetapi tidak terlalu signifikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik menulis cerita dalam self-help book ‘Berdialog dengan Sepi’ terbukti efektif dalam mengatasi kesepian remaja. Dalam implementasi penggunaan self-help book ‘Berdialog dengan Sepi’ praktisi membimbing siswa dalam pengisian self-help book, implikasi selanjutnya adalah penerapan lebih lanjut dan eksplorasi dalam penggunaan self-help book ‘Berdialog dengan Sepi’. ***** The purpose of this study is to determine the effectiveness of using self-help book 'Dialogue with Loneliness' using story writing techniques developed by Rina Fitriana to overcome adolescent loneliness. This advanced research uses a quantitative approach quasi experiment method with a non-equivalent control group design pre-test and post-test. The researcher's sample was class X students of SMA 5 Muhammadiyah Jakarta with data collection techniques using the UCLA Loneliness Scale Ver.3 instrument to measure loneliness tests before and after the intervention. In this study there were 2 groups consisting of 5 students in the experimental group and 5 students in the control group. There was a decrease in the level of loneliness in 5 students who were in the experimental group, 4 students experienced a significant decrease in loneliness and 1 student experienced a decrease but not very significant. The results showed that the story writing technique in the self-help book 'Dialogue with Loneliness' proved effective in overcoming adolescent loneliness. In the implementation of the use of self-help book 'Dialogue with Loneliness' practitioners guide students in filling self-help book, the next implication is further application and exploration in the use of self-help book 'Dialogue with Loneliness'.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Wirda Hanim, M.Psi. ; 2). Dr. Karsih, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 21612 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2024 04:14
Last Modified: 06 Feb 2024 04:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44532

Actions (login required)

View Item View Item