PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS TERHADAP SIKAP KERJA SAMA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN KELURAHAN KLENDER

NABIILAH NUUR NAJMINA, . (2024) PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS TERHADAP SIKAP KERJA SAMA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN KELURAHAN KLENDER. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (900kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas bermain game online Mobile Legends terhadap sikap kerja sama pada Pembelajaran IPA kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex-post facto dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Klender 03 Pagi, SDN Klender 14, dan SDN Klender 16 sebanyak 120 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan teknis analisis statistik parametrik berdasarkan uji-t dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang negatif antara intensitas bermain game online Mobile Legends terhadap sikap kerja sama pada pembelajaran IPA. Hal ini dapat terlihat dari nilai thitung < ttabel (-6,564 < -1,998). Oleh karena itu, diharapkan orang tua dan guru dapat bekerja sama untuk membimbing dan mengarahkan siswa dalam bermain game online Mobile Legends agar dapat meminimalisir dampak negatif yang dapat ditimbulkan. ***** This study aims to determine the influence of intensity of playing Mobile Legends online games towards cooperative attitude in science learning in fifth grade elementary school. The method used in this research is ex-post facto method with sampling used Cluster Random Sampling technique. The samples in this study were 120 fifth grade students at SDN Klender 03 Pagi, SDN Klender 14, and SDN Klender 16. Data collection techniques used a questionnaire with a Likert scale. Data analysis techniques used parametric statistical analysis techniques based on the two sample independent t-test. The results showed that there is a negative influence of intensity of playing Mobile Legends online games towards cooperative attitude in science learning. This can be seen from the value of tcount < ttable (-6.564 < -1.998). Therefore, parents and teacher are expected to work together to guide and direct students in playing Mobile Legends online games in order to minimize the negative impacts that can be caused.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Ika Lestari, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 21500 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2024 01:27
Last Modified: 12 Feb 2024 01:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44580

Actions (login required)

View Item View Item