PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM ELEKTRONIK BERBASIS ECO-STEAM PADA MATERI KIMIA HIJAU DALAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN 2030

ANNISA MAHARANI, . (2024) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM ELEKTRONIK BERBASIS ECO-STEAM PADA MATERI KIMIA HIJAU DALAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN 2030. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Kimia Hijau dalam Pembangunan Berkelanjutan 2030 mengharapkan peserta didik Fase E mampu menerapkan konsep kimia dalam pengelolaan lingkungan. Optimalisasi tercapainya tujuan pembelajaran tersebut dapat dilakukan melalui praktikum berbasis Eco-STEAM. Namun, tantangan bagi guru dan peserta didik adalah kurangnya fasilitas pembelajaran berupa panduan praktikum. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Praktikum Elektronik Berbasis Eco-STEAM pada Materi Kimia Hijau dalam Pembangunan Berkelanjutan 2030 sebagai solusi permasalahan tersebut. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg & Gall (2003) dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Validasi isi oleh ahli pada komponen isi dan kebahasaan menghasilkan nilai antara 80–96% dengan ICC = 0,94 yang dikategorikan sangat baik serta validasi isi oleh ahli pada komponen penyajian dan kegrafikan menghasilkan nilai antara 87–95% dengan ICC = 0,77 yang dikategorikan baik. Hasil uji coba pada guru menunjukkan nilai antara 71–100%. Sedangkan uji coba pada peserta didik dalam skala kecil menunjukkan nilai antara 71–100% serta uji coba pada peserta didik dalam skala besar menunjukkan nilai antara 75–100%. Berdasarkan hasil penilaian, modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar dengan materi yang akurat dan sesuai kaidah, serta fitur yang interaktif melalui kegiatan yang disusun secara sistematis sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. The Green Chemistry in Sustainable Development 2030 subject expects Phase E students to be competent to apply chemical concepts in environmental management. Optimization for achieving these learning objectives can be done through an eco-STEAM-based practicum. However, the challenge for teachers and students is the lack of learning facilities in the form of practicum guides. Thus, this study aims to develop an Eco-STEAM-based Electronic Practicum Module on Green Chemistry in Sustainable Development 2030 as a solution. This research and development uses the Borg & Gall (2003) model with quantitative descriptive analysis methods. Content validation by experts in the content and language components resulted in values between 80% and 96% with an ICC of 0.94 categorized as very good, and content validation by experts in the presentation and graphics components resulted in values between 87% and 95% with an ICC of 0.77 categorized as good. The results of the assessment of teachers showed scores between 71% and 100%. While assessments of students on a small scale showed values between 71% and 100%, assessments of students on a large scale showed values between 75% and 100%. Based on the assessment results, the module is feasible to use as a learning resource with accurate and rule-appropriate material, as well as interactive features through activities that are arranged systematically so that learning objectives can be achieved properly.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Muktiningsih Nurjayadi, M.Si. 2). Prof. Dr. Yusmaniar, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Kimia
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 22016 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2024 01:09
Last Modified: 12 Feb 2024 01:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44675

Actions (login required)

View Item View Item