FATHYA YASMIN AULIA, . (2024) KONSUMERISME PADA PENGGEMAR K-POP DI ERA EKONOMI DIGITAL BERBASIS AUTOBASE TWITTER (Studi 5 Penggemar Boy Group NCT Pengikut Autobase @nctzenbase). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (809kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (683kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (884kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini memilki tiga tujuan utama. Pertama, bertujuan untuk mengetahui makna boy group NCT bagi kehidupan penggemar dalam memengaruhi pola konsumsi penggemar. Kedua, mengetahui gaya konsumsi yang dilakukan penggemar boy group NCT di era ekonomi digital. Ketiga, mengetahui peran autobase @nctzenbase dalam memengaruhi gaya konsumsi penggemar boy group NCT di era eknomi digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan subjek penelitian yang terdiri dari 5 penggemar boy group NCT yang telah sesuai dengan kriteria sebagai informan kunci. Kemudian 2 orang penjual merchandise dan juga salah satu admin yang mengelola akun autobase @nctzenbase sebagai triangulasi data. Data sekunder dalam penelitian ini di dapat dari berbagai sumber literatur seperti buku, jurnal, artikel berita dan lain sebagainya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kehadiran boy group NCT dalam kehidupan penggemar dimaknai sebagai sumber kebahagiaan serta dukungan secara emosional, memberikan motivasi dan inspirasi serta sebagai tempat pelarian. Keterikatan emosional yang terjalin antara penggemar K-Pop dengan sang idola menjadi salah satu faktor pendorong yang membuat penggemar rela menggeluarkan banyak uang untuk membeli berbagai macam merchandise sebagai bentuk dukungan kepada sang idola. Dalam hal ini, teknologi memberi kemudahan dan kepraktisan bagi penggemar K-Pop dalam mengonsumsi merchandise seperti album, photocard, boneka, ataupun merchandise lainnya melalui menjamurnya platform belanja online ataupun media sosial. Seperti eksistensi akun autobase penggemar boy group NCT @nctzenbase yang memfasilitasi dan memudahkan para penggemar untuk saling berbagi informasi terkait jual beli khususnya merchandise boy group NCT. Kegiatan konsumsi yang dilakukan penggemar K-Pop memperlihatkan bagaimana logika konsumsi masyarakat bukan lagi didasarkan pada nilai guna (use value) melainkan nilai citra atau tanda (sign value) yang melekat pada barang konsumsi tersebut. Kata Kunci: Konsumerisme, Penggemar K-Pop, Merchandise, Kemajuan Teknologi *********** This study has three main objectives that are; first, it aims to know the meaning of K-Pop music for NCT boy group fans in life. Second, to know the consumption style of NCT boy group fans in the digital economy era. Third, to know the role of autobase @nctzenbase in influencing the consumption style of NCT boy group fans in the digital economy era. This study used a qualitative approach with a case study method. Furthermore, data collection techniques were obtained through observation, in-depth interviews, and documentation. Meanwhile, primary data in this research was obtained through interviews with research subjects that consisted of 5 NCT boy group fans who met the criteria as key informants. Furthermore, 2 merchandise sellers and one of the admins who managed the autobase account @nctzenbase were used as data triangulation. In addition, secondary data in this study was obtained from various literary sources; such as, books, journals, news articles and so on. The result of this study shows that the existence of NCT boy group in fans' lives is interpreted as a source of happiness and emotional support, providing motivation and inspiration and as a place of escape. The emotional attachment which exists between K-Pop fans and their idols is one of the driving factors that make fans willing to spend a lot of money to buy various kinds of merchandise as a form of support for their idols. In this case, technology makes it easier and practicality for K-Pop fans to consume merchandise such as albums, photocards, dolls or other merchandise through the growth of online shopping platforms or social media. Such as the existence of NCT boy group fan autobase account @nctzenbase that facilitates and ease the fans to share information related to buying and selling especially NCT boy group merchandise. The consumption activities conducted by K-Pop fans show how the logic of society’s consumption is no longer based on use value but on the symbolic value or sign value attached to the consumer goods. Key words: Consumerism, K-Pop Fans, Merchandise, Technological development
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prima Yustitia Nurul Islami, S.Kpm.,M.Si. ; 2). Achmad Siswanto, M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Teori Ekonomi Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Users 22073 not found. |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 05:41 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 05:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44799 |
Actions (login required)
View Item |