PENGARUH E-BOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPA TENTANG RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA DI KELAS VI SEKOLAH DASAR KECAMATAN PULOGADUNG JAKARTA TIMUR

SELSA RAMDHANIA PUTRI, . (2024) PENGARUH E-BOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPA TENTANG RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA DI KELAS VI SEKOLAH DASAR KECAMATAN PULOGADUNG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (949kB)
[img] Text
LAMPIRAN (15)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-book terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA tentang rangkaian listrik di kelas VI SD. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Jatinegara Kaum 01 Pagi Jakarta Timur sebanyak 60 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain Post test only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes objektif berupa 24 butir soal uraian dan dianalisis dengan menggunakan ujit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan ebook berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas VI SD. Hasil ini menunjukkan bahwa e-book merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap siswa sehingga dapat merancang bahan ajar yang bervariasi dalam pembelajaran IPA untuk dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas VI SD. ***** This experimental research aims to determine the effect of e-books on critical thinking skills in science learning about electrical circuits in class VI elementary school. The sample in this research was 60 class VI students of SDN Jatinegara Kaum Kaum 01 Pagi, East Jakarta. Sampling used a simple random sampling technique. The method used is experimental, with a post test only control design. Data collection was carried out using an objective test in the form of 24 descriptive questions and analyzed using the t-test. The results of the research show that students who learn using e-books have a positive effect on the science critical thinking abilities of sixth grade elementary school students. These results indicate that e-books are an alternative that can be used in the science learning process. Therefore, teachers need to know the abilities and needs of each student so that they can design varied teaching materials in science learning to be able to develop the science critical thinking abilities of sixth grade elementary school students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Endang Wahyudiana, M. Pd. ; 2). Dra. Endang M. Kurnianti, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 22036 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2024 01:24
Last Modified: 16 Feb 2024 01:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44868

Actions (login required)

View Item View Item