PENGARUH EFIKASI DIRI, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DI MEDIASI PRESTASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMKN AKUNTANSI

ARMI DAMAI SETIAWAN, . (2024) PENGARUH EFIKASI DIRI, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DI MEDIASI PRESTASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMKN AKUNTANSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (832kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Efikasi Diri, Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi melalui mediasi Prestasi Belajar pada peserta didik SMKN di Jakarta Timur. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 156 peserta didik dari dua yaitu SMKN 46 Jakarta dan SMKN 48 Jakarta, SMK Corpatarin 1 Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 112 peserta didik. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji F, uji koefisien determinasi dan analisis jalur (path analysis). Pada hasil uji final yaitu analisis jalur didapatkan, 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. 2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. 3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada Prestasi Belajar Peserta Didik terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pada Efikasi Diri terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. 5) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. 6) Terdapat pengaruh Positif pada Efikasi Diri terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi dengan di mediasi Prestasi Belajar Peserta Didik. 7) Tidak terdapat pengaruh signifikan pada Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi dengan di mediasi Prestasi Belajar Peserta Didik. ******* This study aims to determine the effect of Self-Efficacy, Socio-Economic Status of Parents on Interest in Continuing Studies to Higher Education through mediation of Learning Achievement in students of SMKN in East Jakarta. The population in this study amounted to 156 students from two SMKN 46 Jakarta and SMKN 48 Jakarta, SMK Corpatarin 1 Jakarta. The sampling technique used probability sampling so that a sample of 112 students was obtained. The analysis in this study used multiple regression analysis, t test, F test, coefficient of determination test and path analysis. In the final test results, namely path analysis obtained, 1) There is a positive and significant effect on SelfEfficacy on Student Learning Achievement. 2) There is no significant effect on the Socio-Economic Status of Parents on Student Learning Achievement. 3) There is no significant effect on Student Learning Achievement on Interest in Continuing Education to Higher Education. 4) There is a positive and significant effect on Self-Efficacy on Interest in Continuing Studies to College. 5) There is no significant effect on the Socio-Economic Status of Parents on the Interest in Continuing Studies to College. 6) There is a positive influence on Self-Efficacy on Interest in Continuing Studies to College with mediated Student Learning Achievement. 7) There is no significant effect on the SocioEconomic Status of Parents on the Interest in Continuing Studies to Higher Education with the mediation of Student Learning Achievement

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati, M.Si. ; 2). Prof.Dr. Mardi, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 22120 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2024 00:46
Last Modified: 20 Feb 2024 00:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44978

Actions (login required)

View Item View Item