IMPLIKASI SISTEM MASUK ZONASI DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SEKOLAH (STUDI KASUS : SISWA KELAS X SMAN 30 JAKARTA )

AISYAH SHERLY ASPUTRI, . (2024) IMPLIKASI SISTEM MASUK ZONASI DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SEKOLAH (STUDI KASUS : SISWA KELAS X SMAN 30 JAKARTA ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (697kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Aisyah Sherly Asputri, Implikasi Sistem Masuk Zonasi dalam Pembelajaran Sosiologi di Sekolah (Studi Kasus: Siswa Kelas X SMAN 30 Jakarta) Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2024. Penelitian ini memiliki dua tujuan utama, pertama, untuk mendeskripsikan bagaimana Pola Pembelajaran Sosiologi Setelah Adanya Seleksi Masuk Zonasi di SMAN 30 Jakarta. Kedua, Mendeskripsikan Implikasi Seleksi Masuk Sistem Zonasi Dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 30 Jakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dalam mengkaji Implikasi Seleksi Masuk Zonasi dalam Pembelajaran Sosiologi. Subjek penelitian ini terdiri dari Informan kunci yaitu Siswa Kelas X dan Guru Sosiologi. Informan pendukung terdiri dari orang tua siswa, siswa kelas XI, Kepala Sekolah, Wakil Bidang Kurikulum. Informan triangulasi data terdiri dari Guru Geografi dan Wakil Bidang Kesiswaan. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti di SMAN 30 Jakarta menunjukkan bahwa siswa seleksi masuk zonasi memiliki kemampuan akademik yang beragam dan rendah dibandingkan dengan siswa sebelum adanya penerapan sistem zonasi. Rendahnya kemampuan siswa seleksi zonasi ditunjukkan pada motivasi belajar yang rendah, pengajaran guru yang lebih ekstra, dan pemahaman siswa yang membutuhkan waktu lebih lama. Kondisi ini menciptakan pola pembelajaran sosiologi yang berbeda dengan tahun sebelum diterapkannya sistem zonasi. Pada saat ini, para guru dalam pembelajaran sosiologi, mengajar secara fleksibel dalam menentukan metode pengajaran yang tepat menyesuaikan kemampuan siswa dan gaya belajar siswa SMAN 30 Jakarta pasca sistem zonasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan konsep pembelajaran diferensiasi yang menekankan pada perbedaan karakteristik siswa dan gaya belajar siswa yang meliputi gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Implikasi seleksi zonasi dalam pembelajaran sosiologi terlihat dari adanya perubahan dalam proses penyampaian materi, penggunaan media dan metode pembelajara, penyesuaian teknik pengajaran dan tingkat kesulitan pemberian tugas. Penerapan sistem zonasi di SMAN 30 Jakarta juga berupaya membantu siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk dapat mengenyam pendidikan di SMAN 30 Jakarta yang dekat dengan tempat tinggalnya sebagai langkah pemerataan pendidikan. Kata Kunci: Sistem Zonasi, Pembelajaran Sosiologi, Pemerataan *********** ABSTRACT Aisyah Sherly Asputri, Implications of the Zoning Entry System in Sociology Learning at Schools (Case Study: Class X Students of SMAN 30 Jakarta) Thesis. Jakarta: Sociology Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2024. This research has two main objectives, first, to describe the Sociology Learning Patterns After the Zoning Entry Selection at SMAN 30 Jakarta. Second, to describe the implications of selection for entering the zoning system in learning sociology at SMAN 30 Jakarta. The approach used in this research is a qualitative approach with a case study method in examining the implications of Zoning Entry Selection in Sociology Learning. The subjects of this research consisted of key informants, namely Class X Students and Sociology Teachers. Supporting informants consisted of parents, class XI students, school principals, and representatives for curriculum. Data triangulation informants consisted of Geography Teachers and Student Affairs Representatives. The results of research conducted by researchers at SMAN 30 Jakarta show that students selected for zoning entry have varied and low academic abilities compared to students before the implementation of the zoning system. The low ability of zoned selection students is shown in low learning motivation, extra teacher teaching, and student understanding that takes longer. This condition creates a sociological learning pattern that is different from the years before the zoning system was implemented. At this time, teachers in sociology learning teach flexibly in determining appropriate teaching methods to suit student abilities and student learning styles at SMAN 30 Jakarta after the zoning system. This research is explained using a learning concept that emphasizes differences in student characteristics and student learning styles which include visual, auditory and kinesthetic learning styles. The implications of zoning selection in sociological learning can be seen from changes in the process of delivering material, use of media and learning methods, adjustments to teaching techniques and the level of difficulty of assignments. The implementation of the zoning system at SMAN 30 Jakarta also seeks to help students from underprivileged families to be able to receive education at SMAN 30 Jakarta which is close to where they live as a step towards equitable education. Keywords: Zoning System, Sociological Learning, Equality

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Suyuti, M.Pd. ; 2). Devi Septiandini, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 22133 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2024 05:07
Last Modified: 26 Feb 2024 05:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45052

Actions (login required)

View Item View Item