TANGGAPAN SISWA KELAS 1 SMP TERHADAP NIHONGO KIRA-KIRA 1 SEBAGAI BAHAN AJAR ALTERNATIF BAHASA JEPANG

ABHINAYA FERIS SUMANTI, . (2024) TANGGAPAN SISWA KELAS 1 SMP TERHADAP NIHONGO KIRA-KIRA 1 SEBAGAI BAHAN AJAR ALTERNATIF BAHASA JEPANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (327kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (199kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sumanti, Abhinaya Feris. 2023. Tanggapan Siswa Kelas 1 SMP Terhadap Nihongo Kira-Kira 1 Sebagai Bahan Ajar Alternatif Bahasa Jepang. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan dari siswa-siswi kelas 1 SMP terkait penggunaan buku nihongo kira-kira 1 dalam pembelajaran bahasa Jepang di sekolah. Pembelajaran bahasa Jepang di SMP Santo Leo III dipilih karena sekolah tersebut sudah menggunakan nihongo kira�kira 1 dalam pembelajaran bahasa Jepang selama 1 tahun dan karena dekatnya lokasi sekolah dengan daerah di Jabodetabek dengan jumlah perusahaan dan pabrik Jepang yang banyak yaitu Cikarang. Penggunaan buku Nihongo Kira-Kira 1 pada pembelajaran SMP Santo Leo 3 disebabkan karena tidak tersedianya buku yang sesuai untuk jenjang SMP. Buku Nihongo Kira-Kira 1 digunakan sebagai bahan ajar alternatif karena tema yang ada dalam buku membahas kegiatan sehari–hari di lingkungan sekolah sehingga cocok untuk pembelajaran bahasa Jepang Tingkat SMP. Hasil dari penelitian ini, berupa tanggapan siswa SMP kelas 1 terhadap buku Nihongo Kira-Kira 1 baik secara keseluruhan maupun tiap subbab. subbab yang dimintai tanggapannya yaitu subbab きいていいましょう(kosakata & frasa)、 ききましょう(mendengarkan)、はなしましょう(berbicara), proyek, pengenalan budaya, simpulan, penilaian diri. Subbab tersebut diteliti dari 3 aspek yaitu bagian mana saja yang dianggap siswa menarik, mudah dipahami, dan membantu dalam pembelajaran bahasa Jepang. Penelitian ini juga menyelidiki alasan dari tanggapan siswa yang tidak setuju dengan penggunaan buku. Salah satu alasan yang disebutkan adalah terkait gambar-gambar yang digunakan dalam buku diniliai ambigu. Gambar yang dimaksud adalah gambar bertuliskan bahasa Arab, karena tidak sesuai dengan latar belakang siswa maka mereka menilai bahwa gambar tersebut dirasa asing. Kata kunci : tanggapan, siswa SMP kelas 1, nihongo kira-kira, bahan ajar alternatif, pembelajaran bahasa Jepang ***** Sumanti, Abhinaya Feris. Middle School 1 st Grade Students' Responses to Nihongo Kira-Kira 1 as an Alternative Japanese Language Teaching Material. Thesis, Japanese Language Education Study Program, Faculty of Language and Arts, State University of Jakarta. This study aims to identify middle school 1st grade students’ responses to Nihongo Kira-Kira 1 as an alternative Japanese language teaching material. Santo Leo III middle school is chosen due to Nihongo Kira-Kira 1 being used as teaching material for 1 year. Another reason is due to its location, which is in Cikarang, a city in Jabodetabek region with great amount of Japanese company and factory. Nihongo Kira-Kira 1 is used because (1) there are no Japanese language teaching material that were suitable for 1 st grade middle school, (2) Nihongo Kira-Kira 1 mainly used students’ daily life as its main theme, so its suitable for learning in school. The results of this study are students’ responses in regards to the book as a whole and 7 subchapters inside. These 7 subchapters include (1) きいていいましょう(words & phrase)、(2) ききましょう(listening)、(3) はなしましょう(speaking), (4) project, (5) Japan culture, (6) conclusion, (7) self-assessment. These subchapters are studied through 3 aspects which is its attractiveness, is it easy to understand, and does it help with Japanese language learning. This study also aims to finds out the reasons behind the students’ negative responses in regards to the books usage. One notable reason is because some pictures were ambiguous and confusing, take picture to describe arabian language for example, due to students’ background of being in a Christian school, they do not know the difference between arabian language and muslim religion, so they tend to mix up the two words. keyword : responses, 1 st grade school students, nihongo kira-kira, alternative teaching material, Japanese language learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: (1). Eky Kusuma Hapsari, M.Hum. ; (2). Dr. Komara Mulya, S.S., M.Ed.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 21812 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2024 01:08
Last Modified: 28 Feb 2024 01:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45098

Actions (login required)

View Item View Item