PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN KUIS TANYA JAWAB MATERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERAMAH

DANAR DWI PRIATNA, . (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN KUIS TANYA JAWAB MATERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERAMAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (719kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy

Abstract

Danar Dwi Priatna, Pengaruh Media Pembelajaran Permainan Kuis Tanya Jawab Materi Terhadap Keterampilan Menulis Teks Ceramah Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 100 Jakarta. Skripsi. Jakarta Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta 2024 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran permaina kuis tanya jawab terhadap keterampilan menulis teks ceramah. Penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Uji Prasayarat yang dilakukan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji normalitas yang digunakan adalah uji Kolmogorov Smirnov dan Shapiro wilk. Hasil menunjukkan bahwa data pada masing-masing kegiatan dan kelas berdistribusi normal. Pada Pretest kelas eksperimen sebesaar 0.108, pada postes eksperimen sebesar 0,10, pada Pretest kelas kontrol sebsesar 0,130, dan pada Pretest kelas kontrol sebesar 0,171. kemudian pada uji homogenitas pada masing masing kelas ekperimen dan kontrol menunjukan bahwa data homogen berdasarkan rata-rata data dengan F hitung = 0,811. Kemudian pada uji hipotesis dengan menggunakan independent sample t test diperoleh F hitung = 0,13 < 0,05 yang berarti menolak hipotesis H0 dan menerima hipotesis Ha. Berdasarkan hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran permainan kuis tanya jawab materi terhadap keterampilan menulis teks ceramah, hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata pada kelas kontrol dan eksperimen saat Pretest dan postes. Nilai rata-rata kelas kontrol saat Pretest 63.83333. Nilai rata rata Posttest kelas kelas eksperimen sebesar. 84.72, sedangkan nilai rata rata kelas eksperimen saat Pretest sebesar 54,75 Pada nilai Posttest kelas kontrol rata rata sebesar 81.55. Kata kunci : Media Pembelajaran, media pembelajaran permainan, media kuis, Aida form, teks ceramah ********** This research aims to determine the influence of the question and answer quiz game learning media on lecture text writing skills. This research uses Pretest-Posttest Control Group Design. The prerequisite tests carried out are normality test, homogeneity test and hypothesis test. The normality test used was the Kolmogorov Smirnov and Shapiro Wilk tests. The results show that the data for each activity and class is normally distributed. In the experimental class pretest it was 0.108, in the experimental posttest it was 0.10, in the control class pretest it was 0.130, and in the control class pretest it was 0.171. then the homogeneity test in each experimental and control class showed that the data was homogeneous based on the average data with calculated F = 0.811. Then, when testing the hypothesis using the independent sample t test, it was obtained that F count = 0.13 < 0.05, which means rejecting the H0 hypothesis and accepting the Ha hypothesis. Based on this, it shows that there is a significant influence from the use of material question and answer quiz game learning media on lecture text writing skills, this is proven by the increase in the average score in the control and experimental classes during the pretest and posttest. The average score of the control class during the pretest was 63.83333.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. ; 2). Dr. Edi Puryanto, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 22208 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:42
Last Modified: 14 Mar 2024 02:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45279

Actions (login required)

View Item View Item