Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Emaze Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik (Studi Eksperimen Siswa Kelas XI Pada SMKN 5 Jakarta)

Novera Alita, . (2018) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Emaze Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik (Studi Eksperimen Siswa Kelas XI Pada SMKN 5 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi-Novera Alita_5115134291.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran emaze terhadap hasil belajar mata pelajaran instalasi motor listrik pada Siswa Kelas XI di SMKN 5 Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan metode quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Pada penelitian digunakan dua kelompok yang akan diteliti, yakni kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan diberikan media pembelajaran emaze dan kelompok satu lagi diberi perlakuan dengan pemberian media pembelajaran konvensional. Proses pengumpulan data dilakukan dengan pre-test dan post-test pada kedua kelas. Lalu pada setiap kelas di bagi menjadi kelas atas dan kelas bawah. Data yang telah terkumpul akan diolah dengan uji analisis varian dua arah. setelah data memenuhi persyaratan normal dan homogen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Listrik 1 dan kelas XI Listrik 2 di SMK Negeri 5 Jakarta yang berjumlah 68 siswa, Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling pada penentuan kelas. Setelah penentuan kelas peneliti menentukan kelas eksperimen dan kontrol ditentukan dengan jumlah siswa yang sama dan secara apa adanya sehingga peneliti tidak campur tangan dalam menentukan kelas kontrol dan ekperimen. Teknik analisis data menggukan uji normalitas yaitu uji liliefors dengan taraf signifikan 0,05 menunjukan bahwa data berdistribusi normal sedangkan uji homogenitas menggunakan uji fisher menunjukan bahwa data bersifat homogen. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai fhitung lebih besar dari ftabel dengan taraf signifikan 0,05 12,99051 > 2,76 (Media) sehingga hipotesis pertama yang menyatakan bahwa pengaruh kondisi pemberian media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa didalam eksperimen berbeda satu dengan yang lain secara signifikan. Hipotesis yang kedua yang menyatakan terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang berada pada kelas atas dengan kelas bawah. (Fhitung > Ftabel; 127,0765 > 2,76). Hipotesis ke tiga yang menyatakan bahwa pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap pembelajaran tergantung pada tingkat kelas tersebut (Fhitung > Ftabel; 3,529902> 2,76). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media pembelajaran powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelompok bawah dari pada siswa kelompok kelas atas. Sedangkan pembelajaran menggunakan media pembelajaran emaze dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelompok atas daripada kelas kelompok kelas bawah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Purwanto Gendroyono, M.T 2) Dr.Daryanto, M.T
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 22 Oct 2019 15:15
Last Modified: 22 Oct 2019 15:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/454

Actions (login required)

View Item View Item