EFEKTIVITAS KOMUNIKASI AKUN TIKTOK @AYMANALTS SEBAGAI MEDIA INFORMASI KESEHATAN (Survei Kuantitatif Pada Followers Akun TikTok @aymanalts)

ALFIDA SURYANI PERTIWI, . (2024) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI AKUN TIKTOK @AYMANALTS SEBAGAI MEDIA INFORMASI KESEHATAN (Survei Kuantitatif Pada Followers Akun TikTok @aymanalts). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (832kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Ayman Alatas merupakan seorang dokter muda dan content creator pada media sosial TikTok yang aktif membagikan konten bertema informasi kesehatan. Dengan ciri khas nya yang cadel dan kontennya yang jenaka namun informatif, akun TikTok @aymanalts berhasil meraih jumlah followers dan likes yang terbilang banyak dan melampaui sejumlah content creator dengan genre konten yang serupa. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana efektivitas komunikasi akun TikTok @aymanalts sebagai media informasi kesehatan. Penelitian ini menerapkan teori The Seven Communication dalam buku Effective Public Relations karya Scott M. Cutlip, Allen H. Center, Glen M. Broom yang mencakup tujuh aspek yaitu credibility (kredibilitas), context (konteks), content (konten), clarity (kejelasan), continuity and consistency (kontuinitas dan konsistensi), channel (saluran), dan capability of the audience (kapabilitas atau kemampuan audiens). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah followers akun TikTok @aymanalts sebanyak 2 juta pengguna TikTok. Sampel pada penelitian ini diperoleh menggunakan rumus Slovin yaitu sebanyak 100 orang. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan tendensi sentral mean dan hasil mean diklasifikasikan dalam rentang skala efektivitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas komunikasi akun TikTok @aymanalts sebagai media informasi kesehatan menghasilkan nilai rata – rata 4,29 yang mana termasuk kategori sangat efektif. Angka tersebut diperoleh melalui akumulasi nilai pada variabel efektivitas komunikasi yang mencakup tujuh dimensi yaitu credibility dengan nilai 4,27, context dengan nilai 4,36, content dengan nilai 4,32, clarity dengan nilai 4,25, continuity and consistency dengan nilai 4,23, channel dengan nilai 4,29, dan capability of the audience dengan nilai 4,36. Kesimpulan pada penelitian ini adalah komunikasi yang dilakukan akun TikTok @aymanalts sangat efektif sebagai media informasi kesehatan. *** ABSTRACT Ayman Alatas is a young doctor and a content creator on the social media platform TikTok, where he actively shares content themed around health information. Characterized by his distinctive lisp and his humorous yet informative content, the TikTok account @aymanalts has achieved a significant number of followers and likes, surpassing many content creators in similar content genres. The purpose of this study is to determine the effectiveness of the @aymanalts TikTok account as a medium for health information. This research applies the Seven Communication theory from the book "Effective Public Relations" by Scott M. Cutlip, Allen H. Center, and Glen M. Broom, which includes seven aspects: credibility, context, content, clarity, continuity and consistency, channel, and the capability of the audience. The study uses a quantitative descriptive method with a survey approach using questionnaires. The population for this study is the followers of the TikTok account @aymanalts, totaling 2 million TikTok users. The sample size for this study, obtained using the Slovin formula, was 100 people. The sampling technique employed was nonprobability sampling with purposive sampling. The data analysis technique used was central tendency mean, and the results of effectiveness were classified within a scale range. The findings of this study show that the communication effectiveness of the TikTok account @aymanalts as a medium for health information achieved an average score of 4.29, which is categorized as very effective. This score was obtained through the accumulation of values on the communication effectiveness variables, which include seven dimensions: credibility with a score of 4.27, context with a score of 4.36, content with a score of 4.32, clarity with a score of 4.25, continuity and consistency with a score of 4.23, channel with a score of 4.29, and the capability of the audience with a score of 4.36. The conclusion of this study is that the communication conducted by the TikTok account @aymanalts is highly effective as a medium for health information.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Wina Puspita Sari, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > D III Hubungan Masyarakat
Depositing User: Users 22291 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2024 00:16
Last Modified: 04 Jun 2024 00:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45401

Actions (login required)

View Item View Item