ARDILAH FITRIANI, . (2024) PENGARUH MODAL SENDIRI, KREDIT USAHA RAKYAT (KUR), DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO (STUDI KASUS PADA USAHA MIKRO GENERASI MILENIAL SEKTOR MAKANAN DI DKI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (816kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (324kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Usaha mikro memainkan peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia. Namun, karena banyaknya tantangan yang mereka hadapi, usaha mikro tidak selalu berjalan dengan baik. Untuk meningkatkan kinerja mereka, pengusaha mikro harus menghadapi tantangan ini, terutama dalam hal pendapatan. Keterbatasan dan kurangnya pengetahuan tentang teknologi informasi dapat menjadi kendala yang dihadapi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana variabel Modal Sendiri, Kredit Usaha Rakyat, dan Teknologi Informasi berdampak pada pendapatan usaha mikro pada para pelaku usaha makanan yang berusia antara 20 dan 47 tahun, atau termasuk dalam Generasi Milenial di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengambilan samprl menggunakan Purposive sampling. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah pelaku usaha mikro yang bergerak pada usaha Makanan di DKI Jakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari responden yang mengisi kuesioner. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden yang dihitung dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Alat yang digunakan untuk penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa Modal Sendiri berpengaruh positif terhadap pendapatan Usaha Mikro dengan nilai signifikan 0,003, Kredit Usaha Rakyat berpengaruh positif terhadap pendapatan Usaha Mikro dengan nilai signifikan 0,002, dan Teknologi Informasi berpengaruh positif terhadap pendapatan Usaha Mikro dengan nilai signifikan 0,005. Hasil dari koefisien determinasi diperoleh R² sebesar 0,282 atau 28,2%. Dapat diartikan bahwa 28,2% pendapatan Usaha Mikro dipengaruhi oleh Modal Sendiri, Kredit Usaha Rakyat, dan Teknologi Informasi, sedangkan sisanya 71,8% disebabkan oleh faktor lain yang diluar penelitian. Kata kunci: Modal Sendiri, Kredit Usaha Rakyat, Teknologi Informasi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro. Micro businesses play a very important role in the Indonesian economy. However, because of the many challenges they face, micro businesses do not always run well. To improve their performance, micro entrepreneurs must face these challenges, especially in terms of income. Limitations and lack of knowledge about information technology can be obstacles faced. This research aims to find out how the variables Own Capital, People's Business Credit, and Information Technology influence micro business income among food business actors aged between 20 and 47 years, or belonging to the Millennial Generation in DKI Jakarta. This research uses quantitative research with a descriptive approach, the sampling technique uses purposive sampling. The subjects of this research are micro business actors who operate in the food business in DKI Jakarta. The data used in this research is primary data obtained from respondents who filled out the questionnaire. The sample for this research was 100 respondents who were calculated using the Taro Yamane formula. The tool used for this research uses multiple linear regression analysis. The results of the analysis show that Own Capital has a positive effect on Micro Business income with a significant value of 0.003, People's Business Credit has a positive effect on Micro Business income with a significant value of 0.002, and Information Technology has a positive effect on Micro Business income with a significant value of 0.005. The results of the coefficient of determination obtained R² of 0.282 or 28.2%. It can be interpreted that 28.2% of Micro Business income is influenced by Own Capital, People's Business Credit, and Information Technology, while the remaining 71.8% is caused by other factors outside the research. Keywords: Own Capital, People's Business Credit, Information Technology on Micro Business Income.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Karuniana Dianta A.S, SIP., ME 2). Prof. Dr. Saparuddin M, SE, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Kewirausahaan |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 22332 not found. |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 00:52 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 00:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45475 |
Actions (login required)
View Item |