PENGARUH RASIO GINI EKONOMI, RASIO DOSEN, DAN RASIO JUMLAH PERGURUAN TINGGI TERHADAP ANGKA PARTISIPASI KASAR (APK) PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA TAHUN 2020 – 2022

NOVRISSA DIANI WINARTO, . (2024) PENGARUH RASIO GINI EKONOMI, RASIO DOSEN, DAN RASIO JUMLAH PERGURUAN TINGGI TERHADAP ANGKA PARTISIPASI KASAR (APK) PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA TAHUN 2020 – 2022. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy

Abstract

Angka Partisipasi Kasar merupakan salah satu indikator statistik yang digunakan untuk mengukur pencapaian pendidikan pada suatu negara dalam bentuk persentase. APK PT merupakan perbandingan antara jumlah penduduk yang masih menempuh pendidikan pada jenjang perguruan tinggi tanpa memandang usia dengan jumlah penduduk berusia 19 – 23 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari unit analisis yaitu Rasio Gini Ekonomi, Rasio Dosen, dan Rasio Jumlah PT terhadap APK PT di Indonesia tahun 2020 – 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan data sekunder. Sampel yang digunakan merupakan sampel jenuh dari semua populasi yang ada sebanyak 102 sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi data panel. Data panel yang digunakan adalah gabungan data lintas waktu (time series) dari tiga tahun yaitu tahun 2020 – 2022. Kemudian, digunakan data dari beberapa objek (cross section) yaitu data dari 34 provinsi di Indonesia. Hasil penelitian menggunakan Fixed Effect Model (FEM) menunjukkan bahwa rasio gini ekonomi berpengaruh negatif signifikan terhadap APK PT sebesar -2.038873 pada tahun 2020 – 2022. Sementara itu, rasio dosen dan rasio jumlah perguruan tinggi tidak berpengaruh signifikan terhadap APK PT di Indonesia tahun 2020 – 2022. Gross Enrollment Rate is a statistical indicator used to measure educational attainment in a country in the form of a percentage. APK PT is a comparison between the number of people still studying at tertiary level regardless of age and the number of people aged 19 - 23 years. This research aims to determine the influence of the units of analysis, namely the Economic Gini Ratio, the Lecturer Ratio, and the Ratio of the Number of Tertiary Institutions to the APK of PTs in Indonesia in 2020 - 2022. The research method used is a quantitative method with secondary data. The sample used was a saturated sample from the entire population of 102 samples. The data analysis technique uses panel data regression analysis. The panel data used is a combination of cross-time data (time series) from three years, namely 2020 – 2022. Then, data from several objects (cross section) is used, namely data from 34 provinces in Indonesia. The results of research using the Fixed Effect Model (FEM) show that the economic Gini ratio has a significant negative effect on the APK of PT of -2.038873 in 2020-2022. Meanwhile, the ratio of lecturers and the ratio of the number of universities have no significant effect on the APK of universities in Indonesia in 2020-2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Siti Nurjanah, SE, M.Si. 2) Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Karya Umum > Indeks, Bibliografi
Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Ilmu Sosial > Statistik
Ilmu Sosial > Sejarah Ekonomi, Kondisi Ekonomi
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Novrissa Diani Winarto .
Date Deposited: 19 Jun 2024 00:58
Last Modified: 19 Jun 2024 00:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45476

Actions (login required)

View Item View Item