ANALISA SLIP PADA V-BELT STANDAR DENGAN VARIASI MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SISTEM CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISION (CVT) MOTOR MIO SPORTY

FADHIL MU'MIN, . (2024) ANALISA SLIP PADA V-BELT STANDAR DENGAN VARIASI MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SISTEM CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISION (CVT) MOTOR MIO SPORTY. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu masalah yang sering terjadi saat V-belt dan puli berfungsi adalah slip. Penelitian ini bertujuan untuk menganlisa nilai slip yang terjadi pada V-Belt standar dengan V-Belt variasi pada CVT (Continuously Variable Transmission) Mio Sporty. Penelitian ini menggunakan tiga merk dengan tiap merk terdiri dari 3 sampel yang sama, tiga merk V-Belt yang akan diuji yaitu V-Belt standar , V-Belt Variasi X , dan V-Belt Variasi Y. Pengujian ini dilakukan pada alat peraga sistem CVT motor Mio Sporty dengan menggunakan metode eksperimental untuk mengukur putaran mesin dan dirumuskan menggunakan rumus yang sudah terverifikasi untuk mendapatkan nilai perbandingannya. Hasil pengujian ini menunjukan bahwa V-Belt variasi X memiliki nilai slip terendah dari pada merk lainnya, yaitu sebesar 6,3 %, diikuti dengan V-belt standar sebesar 8,5 %, dan yang tertinggi yaitu V-Belt variasi Y dengan nilai slip sebesar 10,5 %. Selain itu, V-belt variasi X adalah yang terbaik berdasarkan hasil analisa gaya gesek karena memiliki koefisien gesek tertinggi sebesar 0.6, gaya normal terendah sebesar 293 N, dan gaya gesek terendah sebesar 112 N. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pengguna motor Yamaha Mio Sporty yang ingin sistem CVT pada motornya lebih tahan lama berdasarkan nilai slipnya, terutama dalam memilih V-Belt untuk CVT motor Mio Sporty. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa V-Belt variasi X adalah pilihan yang terbaik jika kriteria utamanya adalah nilai slip yang rendah dan gaya gesek yang optimal. V-Belt dengan nilai slip yang rendah dan gaya gesek yang optimal dapat memperpanjang usia pakai komponen CVT, serta berkontribusi pada efisiensi performa kendaraan secara keseluruhan. One of the most common problems when the V-belt and pulley work is the slip. This study aims to analyze the slip values that occur on standard V-belt with V-Belt variations on the CVT (Continuously Variable Transmission) Mio Sporty. This research uses three brands with each brand consisting of the same 3 samples, the three V-Belt brands that will be tested, namely the standard V-Belt, V-Belt Variation X, and V-Belt Variation Y. This test was carried out on a CVT system trainer. This test was carried out on the Mio Sporty motorbike CVT system trainer using experimental methods to measure engine rotation and formulating using a verified formula to obtain comparative values. The results of this test show that the V-Belt variation X has the lowest slip value compared to other brands, namely 6.3 %, followed by the standard V-belt at 8.5 %, and the highest is the V-Belt variation Y with a slip value of 10.5 %. Apart from that, the V-belt variation X is the best based on the results of friction force analysis because it has the highest friction coefficient of 0.6, the lowest normal force of 293 N, and the lowest friction force of 112 N. This research provides recommendations to Yamaha Mio Sporty motorbike users who want the CVT system on their motorbike to be more durable based on the slip value, especially in choosing a V-Belt for the Mio Sporty CVT motorbike. The results of this test show that the V-Belt variation X is the best choice if the main criteria are low slip value and optimal friction force. V-Belts with low slip values and optimal friction force can extend the service life of CVT components and contribute to overall vehicle performance efficiency.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eng. Agung Premono, M.T. 2). Ahmad Kholil, M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 22852 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:30
Last Modified: 22 Jul 2024 06:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45907

Actions (login required)

View Item View Item