PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI PRINSIP DASAR DESAIN UNTUK KOMPETENSI KEAHLIAN KELAS XI DKV DI SMKN 1 JAKARTA

TRI SURI SEPTIYANI, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI PRINSIP DASAR DESAIN UNTUK KOMPETENSI KEAHLIAN KELAS XI DKV DI SMKN 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMKN 1 Jakarta, ditemukan berbagai permasalahan, seperti media pembelajaran yang digunakan masih terbatas dan belum bervariasi, penggunaan smartphone yang belum dimanfaatkan secara optimal sebagai media pembelajaran di dalam kelas maupun pembelajaran mandiri karena keterbatasan guru dalam mengembangkan media, serta belum tersedianya media pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran Kompetensi Keahlian khususnya materi Prinsip Dasar Desain di SMKN 1 Jakarta yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran. Dengan adanya penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis Android yang layak digunakan oleh siswa kelas XI DKV, agar siswa dapat belajar secara fleksibel dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang disesuaikan dengan penyederhaan menjadi 6 tahap, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk produk awal, pengujian ahli, revisi produk, dan uji coba lapangan. Pengujian kelayakan dilakukan oleh dua ahli materi sebesar 100% dengan kategori kelayakan ”Sangat Layak” dan pengujian kelayakan oleh dua ahli media sebesar 91,7% dengan kategori kelayakan “Sangat Layak”. Kemudian, untuk pengujian yang dilakukan kepada 30 responden siswa kelas XI DKV di SMKN 1 Jakarta yang menggunakan smartphone Android memperoleh hasil sebesar 82,3% dengan kategori kelayakan “Sangat Layak”. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis Android yang dikembangkan dapat dinyatakan sangat layak digunakan oleh siswa kelas XI DKV di SMKN 1 Jakarta sebagai penunjang kegiatan pembelajaran pada materi Prinsip Dasar Desain. ***** Based on the observations and interviews conducted at SMKN 1 Jakarta, various issues were identified. These include limited and unvaried instructional media, suboptimal use of smartphones as learning tools in both classroom and self-learning contexts due to teachers' limited ability to develop media, and the absence of Android-based learning materials for vocational subjects, particularly Basic Design Principles at SMKN 1 Jakarta, which could support learning activities. This research and development aimed to produce an Android-based learning media product suitable for XI DKV students, enabling flexible and effective learning. The study employs the Research and Development (R&D) method using the Borg and Gall development model adapted into 6 stages: research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, expert validation, product revision, and field testing. Feasibility testing involved 100% approval from two subject matter experts categorized as "Highly Feasible" and 91.7% approval from two media experts categorized as "Highly Feasible". Furthermore, testing with 30 students XI DKV at SMKN 1 Jakarta using Android smartphones yielded an 82.3% approval categorized as "Highly Feasible". Thus, the developed Android-based learning media can be deemed highly suitable for supporting learning activities on Basic Design Principles for XI DKV students at SMKN 1 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hamidillah Ajie, S.Si., M.T. ; 2). Via Tuhamah Fauziastuti, S.Si., M.Ed.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 23328 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2024 23:05
Last Modified: 23 Jul 2024 23:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46076

Actions (login required)

View Item View Item